Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakit Tak Kunjung Sembuh, Buruh Tani di Grobogan Nekat Gantung Diri

Kompas.com - 29/12/2017, 08:27 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

GROBOGAN, KOMPAS.com - Darsono (66) warga Dusun Plumpung, Desa Kemadoh Batur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah ditemukan sudah tak bernyawa di dalam rumahnya, Kamis (28/12/2017).

Buruh tani itu tewas dengan posisi tergantung di ruangan dapur. Leher kakek renta itu terikat tali tambang yang dikaitkan dengan kayu bagian atas bangunan rumah.

Kapolsek Tawangharjo, AKP Sudarsono menyampaikan, bapak dua anak itu menderita penyakit asam urat selama bertahun-tahun yang tak kunjung sembuh. 

"Sudah habis biaya tapi tak juga sembuh. Korban pun tak bisa bekerja karena penyakitnya," kata Sudarsono.

(Baca juga : Karena Tingginya Biaya Sekolah Anak, Seorang Pria Gantung Diri di Pohon )

Jasad Darsono ditemukan istrinya, Sarmi (60) sekitar pukul 07.00 WIB. Sepulang dari pasar usai berbelanja, Sarmi terkejut melihat suaminya tergantung sudah tak bernapas.

"Saat hendak ke dapur saya lihat suami sudah tergantung dan tidak menjawab," kata Sarmi kepada petugas Polsek Tawangharjo.

Seketika itu, Sarmi langsung berteriak meminta pertolongan warga. Jeritan histeris itu memancing rasa penasaran warga sekitar. Warga pun berhamburan keluar rumah menuju lokasi kejadian.

"Hasil pemeriksaan medis, korban murni meninggal dunia karena menggantung diri. Dugaan frustasi karena penyakitnya tak juga sembuh hingga empat tahun ini. Korban sering mengeluh kepada keluarga. Korban dimakamkan di TPU setempat," kata Kapolsek.

Kontak Bantuan

Bunuh diri bisa terjadi di saat seseorang mengalami depresi dan tak ada orang yang membantu. Jika Anda memiliki permasalahan yang sama, jangan menyerah dan memutuskan mengakhiri hidup.

Anda tidak sendiri. Layanan konseling bisa menjadi pilihan Anda untuk meringankan keresahan yang ada.

Berikut daftar layanan konseling yang bisa Anda kontak:

Gerakan "Into The Light"
Facebook: IntoTheLightID
Twitter: @IntoTheLightID
Email: intothelight.email@gmail.com
Web: intothelightid.wordpress.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com