Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menggairahkan Lagi Perpustakaan Desa

Kompas.com - 29/12/2017, 00:07 WIB

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com  - Lulus kuliah tahun 2015 dengan jurusan Tata Boga, Selvia Pancarina tertantang untuk berbuat sesuatu sebagai wujud partisipasi membangun kampung halamannya yakni Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Waringin Barat, Kalimantan Tengah.

Hal pertama yang dilakukan anak muda kelahiran 24 tahun silam ini adalah menghidupkan kembali perpusatakaan desa bernama Bahtera Pustaka.

Selvia prihatin karena rumah baca tersebut dua tahun tutup karena ketiadaan pengurus. Ruang perpustakaan yang luasnya kira-kira 30 meter persegi ini merupakan pinjaman pihak desa. Dengan diaktifkan kembali, Bahtera Pustaka mendapat pembinaan dan penambahan koleksi buku. Di antaranya dibantu dari Perpusda Kalimantan Tengan dan CSR dari sebuah perusahaan. 

Untuk menutupi biaya operasional perpustakaan,  Selvia membuka pelatihan komputer dasar dan kursus menjahit dengan biaya murah. "Kedepan, kami ingin menjadikan perpustakaan ini bisa dikembangkan menjadi pusat pemberdayaan  masyarakat di desa ini," ujarnya dengan nada semangat.

Selvia sangat beruntung karena partisipasinya dalam pemberdayaan masyarakat desa selalu didukung  oleh Kepala Desa Kubu. Proposalnya untuk meningkakan kapasitas perpustakaan telah diakomodasi  dalam rencana anggaran desa tahun 2018. Diharapkan, dana desa tahun depan bisa membantu  pengadaan meja dan kursi, serta penambahan jumlah komputer.

Menurut dia, para pengunjung pada umumnya, khususnya anak-anak sangat suka mengakses internet. Pada saat saat  tertentu, juga diputarkan film-film edukasi khususnya tiap hari Jumat saat jadwal murid-murid Taman  Kanak-Kanak di desanya berkunjung ke perpustakaan itu.

Sebagai wujud upaya pemberdayaan masyarakat desanya, mulai awal Oktober 2017, Selvia juga mulai merintis produksi srundeng kemasan dan "bawang goreng" dari papay (udang kecil) . Namun masih belum berkelanjutan karena kendala dalam pemasaran yang belum teratasi.

"Pemasaran merupakan tantangan yang paling sulit dalam bisnis apapun. Di sana seorang calon sosio-entrepreneur harus mampu membuktikan kelayakan bisnisnya," kata Kabid Pemetaan dan Penelusuran IPTEK Kemenpora, Supadi saat kunjungan untuk melakukan pendampingan serta monitoring dan evaluasi belum lama ini.

Kegiatan ini merupakan  tindak lanjut dari kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas IPTEK Pemuda oleh Kementerian Pemuda dan  Olahraga di Bogor, Jawa Barat pada akhir Juli 2017 yang lalu. Selvia merupakan satu dari 78 pemuda berasal dari dari 34 provinsi yang mengikuti pelatihan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com