Kemenkum HAM Jateng: Buat Paspor Kini Cukup 8 Menit - Kompas.com

Kemenkum HAM Jateng: Buat Paspor Kini Cukup 8 Menit

Kontributor Solo, Labib Zamani
Kompas.com - 28/12/2017, 15:31 WIB
Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Ibnu Chuldun (tengah) meresmikan Unit Layanan Paspor Kantor Imigrasi Kelas 1 Surakarta di Kabupaten Sukoharjo, Kamis (28/12/2017).KOMPAS.com/Labib Zamani Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Ibnu Chuldun (tengah) meresmikan Unit Layanan Paspor Kantor Imigrasi Kelas 1 Surakarta di Kabupaten Sukoharjo, Kamis (28/12/2017).

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Pembuatan paspor kini tak perlu menunggu lama. Hanya membutuhkan waktu delapan menit, pemohon bisa langsung mendapatkan paspor yang diinginkan.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Ibnu Chuldun seusai meresmikan Unit Layanan Paspor Kantor Imigrasi Kelas 1 Surakarta di Kabupaten Sukoharjo, Kamis (28/12/2017).

Menurut Ibnu, kehadiran Unit Layanan Paspor merupakan bentuk implementasi program Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) terhadap masyarakat. Masyarakat yang ingin bepergian ke luar negeri dapat dengan mudah membuat paspor di ULP Kantor Imigrasi Kelas 1 Surakarta tersebut.

"Pembuatan paspor sekarang lebih mudah dan cepat. Sudah menggunakan sistem online dan hanya membutuhkan waktu delapan menit pemohon bisa langsung dapat paspor," kata Ibnu.

Ibnu menjelaskan, Unit Layanan Paspor Kantor Imigrasi Kelas 1 Surakarta dalam sehari bisa melayani hingga 200 pemohon paspor. Adapun persyaratan untuk membuat paspor tersebut antara lain surat nikah, kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk (KTP), dan akta nikah.

Baca juga : Jokowi: Paspor Harus Dilayani Cepat, Awas kalau Ada yang Main-main

Untuk pembuatan paspor tersebut, pemohon dikenakan biaya sebesar Rp 350.000 dibayarkan melalui kantor perbankan. Menurut Ibnu, pembayaran dilakukan di perbankan guna mengantisipasi dan meminimalisasi pungutan liar.

"Jadi, dalam rangka meniadakan pungutan liar dalam pembuatan paspor pemohon langsung ke sini. Tanpa biaya tambahan apapun, dijamin itu. Kita transparan," terangnya.

"Bapak Presiden (Jokowi) mewanti-wanti kita semua, mulai Pak Menteri, Dirjen Imigrasi, Kanwil bagaimana mengimplementasikan Nawacita. Jadi, negara harus hadir di tengah-tengah masyarakat," tambah dia.

Baca juga : Calo Paspor Serahkan Hasil Pungli kepada Pegawai Saat Pelayanan Tutup

Ibnu menyebutkan, Unit Layanan Paspor yang diresmikan di Kabupaten Sukoharjo merupakan yang kedua di Jawa Tengah setelah Semarang. Sementara di Jawa Tengah ada enam kantor Imigrasi, yakni Kantor Imigrasi Surakarta, Imigrasi Semarang, Imigrasi Pemalang, Imigrasi Cilacap, Imigrasi Pati dan Kantor Imigrasi Wonosobo.

Kompas TV Kantor Imigrasi kelas 1 Jambi, menangkap satu orang warga asing asal Myanmar.

PenulisKontributor Solo, Labib Zamani
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM