Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Jemaah Hadiri Misa Natal di Gereja Xaverius Ambon

Kompas.com - 24/12/2017, 23:00 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com - Ribuan jemaah mengikuti Misa Natal di Gereja Katedral Fransiskus Xaverius Ambon, Minggu (24/12/2017).

Ibadah Natal di gereja ini berlangsung sekira pukul 18.30 WIT malam. Sebelumnya, misa Natal pertama juga telah dilakukan di gereja ini pada pukul 08.30 WIT pagi tadi.

Banyaknya jemaah yang datang mengikuti misa membuat gereja katolik terbesar di Maluku ini tidak mampu menampung mereka.

Pantauan Kompas.com, meski pihak gereja telah menyediakan dua tenda di halaman gereja tapi tetap saja masih ada warga yang tidak kebagian tempat duduk.

Warga yang datang ke gereja untuk mengikuti misa Natal bahkan harus berdiri di luar halaman gereja tersebut.

Baca juga : Amankan Misa Natal, Polres Kendal Terjunkan Penembak Jitu

Misa Natal di gereja ini dipimpin langsung oleh Uskup Diosis Amboina, Mgr PC Mandagi. Dalam khotbahnya, Mandagi mengajak kepada umat Katolik di Maluku agar dapat menebar cinta kasih kepada sesama umat manusia sebagaimana makna hakiki dari Natal itu sendiri.

“Arti Natal adalah yaitu cinta. Cinta yang tidak mengenal batas, cinta yang sejati dan cinta yang tidak mengenal latar belakang,” katanya.

Pelaksanaan misa Natal di gereja Katedral Xaverius Ambon ini berlangsung dalam suasana khusyuk. Ribuan umat yang memadati gereja mendengarkan dengan seksama pesan Natal yang disampaikan oleh pimpinan keuskupan di gereja tersebut.

Meski banyak warga yang terpaksa harus mengikuti misa Natal di halaman gereja namun mereka tetap khusyuk dalam mengikuti ibadah Natal tersebut.

“Gedung gereja ini sudah tidak bisa lagi menampung makanya suasananya seperti ini. Tapi tetap tidak menghilangkan makna dan nilai ibadah,” kata Frangky Renyaan, salah satu peserta misa Natal di gereja tersebut. 

Kompas TV Menjelang perayaan Natal, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Surabaya menggelar inspeksi ke sejumlah gereja di Kota Surabaya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com