Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jutaan Butir Obat PCC Diamankan Polisi dari Gudang di Tengah Hutan

Kompas.com - 23/12/2017, 13:00 WIB
Abdul Haq

Penulis

GOWA, KOMPAS.com - Jutaan butir obat paracetamol, caffein, dan carisoprodol (PCC) diamankan Satuan Reserse Mobil Direktorat Reserse dan Kriminal Polda Sulawesi Selatan.

Jutaan butir PCC tersebut diamankan saat polisi menggerebek sebuah gudang di tengah hutan, yang berada di kawasan wisata Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan pada Sabtu (23/12/2017).  Lima tersangka juga berhasil dibekuk polisi.

Peristiwa penggerebekan ini yang dimulai pada Jumat sore, sekitar pukul 17.00 Wita. Awalnya, petugas menggerebek sebuah rumah di Lingkungan Bulutana, Kelurahan Gantarang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Saat itu polisi mengamankan sejumlah paket obat PCC berisi ribuan butir.

"Anggota melakukan pengintaian selama tiga hari karena ada informasi tentang adanya gudang penyimpanan obat daftar G di Malino," kata Kasubdit 4 Ditreskrim Polda Sulsel, Kompol Supriyanto yang dikonfirmasi pada Sabtu.

(Baca juga: Buwas: 13 Juta Pil PCC Disita dari Rumah Produksi di Semarang)

Setelah dilakukan pengembangan polisi kemudian bergerak ke kawasan hutan objek wisata Malino, Lingkungan Lembangbata, Kelurahan Gantarang, Kecamatan Tinggimoncong

Di tengah hutan, polisi menggerebek sebuah gudang dan mengamankan jutaan butir obat PCC. Polisi juga mengamankan lima pria, yaitu MB (44), RI (19), WA (22) RW (17) dan RZ (17) serta HA (16).

Berdasarkan informasi dari kelima tersangka, obat PCC tersebut dijual dengan harga Rp 7.000 per butir. Dengan demikian, nilai jutaan obat yang diamankan sebesar Rp 4 miliar.

Obat PCC tersebut selama ini didistribusikan ke Kota Makassar dan sejumlah Kabupaten di Sulawesi Selatan.

"Omzet mereka tidak main-main, mencapai miliaran rupiah. Alhamdulillah dengan penggerebekan ini kita mampu menyelematkan ribuan generasi bangsa, sebab efek dari obat ini sangat berbahaya" kata Kompol Supriyanto.

Barang bukti dan kelima tersangka saat ini telah diamankan di Mapolda Sulawesi Selatan untuk dilakukan pengembangan.

Kompas TV Menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun, petugas gabungan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan beserta kepolisian Kepulauan Riau, menggelar razia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com