Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Dijadwalkan Pimpin Rapat Terbatas soal Gunung Agung di Bali

Kompas.com - 22/12/2017, 12:46 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

KARANGASEM, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan memimpin rapat terbatas bersama sejumlah menteri terkait kondisi Gunung Agung dalam kunjungan kerjanya di Bali.

Rencananya, rapat terbatas ini digelar pada Jumat (22/12/2017) di Wisma Werdapura, Sanur, Denpasar.

Salah satu menteri yang akan mengikuti rapat terbatas itu adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Menurut Jonan, rapat terbatas tersebut secara khusus akan membahas kondisi Gunung Agung beserta dampaknya.

"Pertemuan sore nanti akan membahas masalah Gunung Agung," kata Jonan saat ditemui di Pos Pantau Gunung Agung, Rendang, Jumat (22/12/2017).

Jonan menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan berbagai data yang sekiranya diperlukan saat rapat terbatas dengan Presiden.

(Baca juga: Mengintip Kehidupan Pengungsi yang Terdampak Erupsi Gunung Agung)

Sementara itu, Jonan berharap semua pihak menghargai keputusan dan analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengenai Gunung Agung.

Menurut dia, lembaga di bawah koordinasi Kementerian ESDM itu hanya mengumumkan hasil analisis sesuai dengan gejala aktivitas Gunung Agung yang direkam oleh peralatan yang tersedia.

Selain itu, PVMBG hanya memiliki kewenangan menetapkan status Gunung Agung. Sedangkan untuk kondisi Bali secara keseluruhan bukan merupakan kewenangan PVMBG.

"PVMBG selama ini konsisten dalam pengumumannya, sesuai apa yang direkam oleh peralatan. PVMBG tidak pernah menetapkan status Pulau Bali secara keseluruhan, hanya Gunung Agung," tutur Jonan.

Kompas TV Gubernur Bali kembali menegaskan, wisata di Bali aman untuk dikunjungi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com