Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Makassar, Ketinggian Air Capai 1,5 Meter

Kompas.com - 21/12/2017, 15:58 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Hujan deras mengguyur Kota Makassar selama tiga hari berturut-turut. Akibatnya, banjir merendam ribuan rumah warga dengan ketinggian air beragam. 

Banjir terparah terjadi di Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya. Di kelurahan ini, ratusan rumah warga di kompleks Kodam Tiga terendam banjir hingga ketinggian 1,5 meter atau mencapai dada orang dewasa.

Kondisi serupa ditemui di Jalan Poros Paccerakkang-Daya, yang merupakan akses keluar masuk perumahan. Kompleks Kodam Tiga diketahui berada di daerah dataran rendah.

Salah seorang warga Kompleks Kodam Tiga, blok C, Salmiah (37) yang ditemui, Kamis (21/12/2017) mengatakan, rumahnya sudah terendam banjir tiga hari. Dari tiga hari itu, kondisi terparah terjadi hari ini. 

(Baca juga : Hujan Deras Beberapa Hari, Ribuan Rumah di Makassar Terendam Banjir )

"Habis semua barang-barangku terendam banjir pak. Ini banjir parah sekali, karena sampai dada. Anak-anakku terpaksa saya ungsikan ke rumah orangtua. Sedangkan saya dan suami terpaksa jaga rumah," tuturnya.

Di sekitar lokasi, nampak warga beramai-ramai menyelamatkan barang-barang yang bisa diungsikan ke tempat lebih aman.

Selain itu, petugas BPBD, Basarnas, Brimob Polda Sulsel terlihat membantu mengevakuasi orangtua maupun anak-anak ke masjid di sekitar lokasi banjir dengan menggunakan perahu karet.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com