Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Natal dan Tahun Baru di Solo Tanpa Kembang Api, Diganti Gong

Kompas.com - 21/12/2017, 11:20 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Surakarta melarang warga melakukan pesta kembang api dan petasan saat merayakan Natal 2017 maupun menyambut Tahun Baru 2018.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan, larangan ini diberlakukan untuk menjaga kondisi di Kota Solo tetap kondusif dan aman.

Rudy juga menganggap penggunaan kembang api maupun petasan hanya menghamburkan uang.

"Tahun kemarin sedikit (yang menyalakan kembang api) dan mudah-mudahan tahun ini lebih sedikit lagi. Bahkan tidak ada yang menyalakan kembang api maupun petasan," kata Rudy seusai memimpin apel gelar pasukan Ops Lilin Candi 2017 di halaman parkir Kompleks Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (21/12/2017).

Larangan dituangkan dalam surat edaran Wali Kota Solo. Sebagai ganti kembang api maupun petasan, Pemkot Solo telah menyiapkan gong yang akan digunakan saat pergantian tahun.

"Gong menunjukkan bahwa Solo itu betul-betul kota budaya yang selalu menghargai dan menghormati serta melestarikan budaya yang adi luhung," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com