Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Bermain Petasan, Sembilan Ruko di Papua Terbakar

Kompas.com - 20/12/2017, 21:50 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba

Penulis

SUPIORI, KOMPAS.com - Sebanyak sembilan ruko di Kampung Sorendiweri, Kecamatan Supiori Timur, Kabupaten Supiori, Papua, ludes terbakar pada Rabu (19/12/12) sekitar pukul 12.00 WIT.

Kebakaran diduga berasal dari petasan (kembang api) jenis korek api yang menyambar jerigen bensin. 

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Komisaris Besar Polisi Ahmad Mustofa Kamal mengungkapkan, kasus ini tengah diselidiki aparat kepolisian setempat.

Dari informasi yang diperoleh dari saksi mata, peristiwa berawal dari anak pemilik Toko Maros Jaya (salah satu ruko yang ikut terbakar), tengah bermain petasan jenis korek api di dekat jerigen bensin.

Tiba-tiba, jerigen tersebut menyala dan langsung membakar ruko. Tak perlu waktu lama, api menjalar ke delapan ruko lainnya.

“Kepolisian setempat telah mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) guna membantu memadamkan api dan mengevakuasi barang-barang pemilik ruko. Sejumlah saksi sudah dimintai keterangan, untuk mengetahui sumber api," tuturnya.

(Baca juga : 32 Korban Tewas Kebakaran Pabrik Mercon Sudah Teridentifikasi )

Kamal menegaskan, kasus kebakaran ini harus menjadi pembelajaran bagi masyarakat, agar menjauhkan benda berbahaya dari anak-anak. Selain itu, diperlukan pengawasan terhadap penggunaan petasan bagi anak. 

“Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, anak-anak asyik bermain petasan, sehingga saya harapkan agar anak-anak diawasi dengan baik, agar tak menimbulkan kebakaran seperti ini,” tuturnya.

Kompas TV Dugaan sementara, api berasal dari hubungan pendek arus listrik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com