Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Mobil Warga

Kompas.com - 19/12/2017, 18:39 WIB
Fitri Rachmawati

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Angin kencang dan hujan lebat yang terjadi Selasa (19/12/2017), menyebabkan sebuah pohon akasia tumbang di Jalan Pejanggik, Lingkungan Pajang Barat, Kota Mataram. Pohon berdiameter 30 cm itu menimpa mobil, lapak dan teras toko oleh-oleh.

Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu. Namun atap teras toko mengalami kerusakan parah akibat tertimpa pohon. Sedangkan lapak dan mobil mengalami rusak ringan karena hanya tertimpa ranting pohon.

Polisi bersama tim Sabara dan Dinas Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Mataram, membersihkan jalan dari pohon tumbang.

Humas Polres Mataram, AKP Arnawa mengatakan, penyebab pohon tumbang bukan hanya angin kencang disertai hujan lebat. Tapi kareba pohon yang telah lapuk

"Lapuk pohonnya, begitu ada angin kencang, tumbang pohonnya. Untung saja tidak ada korban jiwa," tutur Arnawa.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto meminta warga mewaspadai hujan sedang lebat menjelang Natal 19-23 Desember 2017. Hal itu berdasarkan data dari BMKG pusat.

Kondisi ini juga akan terjadi di wilayah Aceh bagian barat, pesisir selatan Sumatera, Banten, pesisir utara Jawa, Sulawesi Selatan, dan sebagian NTT.

“Selain itu harus diwaspadai juga angin kencang yang dapat mencapai lebih dari 20 knot (lebih dari 36 km/jam) yang berpotensi terjadi di Laut Cina Selatan, Laut Natuna, Laut Jawa, Laut Banda, Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah, hingga NTB,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com