Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Penghargaan, Ridwan Kamil Sebut Hidup Jangan Cari Pujian

Kompas.com - 19/12/2017, 15:56 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, berinovasi merupakan syarat mutlak menjadi seorang pemimpin. Melahirkan program inovatif sekaligus menjadi instrumen untuk meretas ragam persoalan hidup masyarakat dengan cara yang lebih efisien.

"Kalau wali kota kan semua dimensi, sebutkan semua problem hidup kita urus. Termasuk di Bandung mah orang stres saja disediakan mobil curhat, sampai mental health kita urus, ekonomi, politik," kata Ridwan Kamil.

Hal itu dikatakan Ridwan Kamil usai mendapatkan Penghargaan Kepemimpinan Kepala Daerah (Leadership Award) dari Kemendagri di Puri Agung Convention Hall, Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 86 Jakarta, Senin (17/12/2017) malam.

Penghargaan Leadership Awards 2017 ini diberikan kepada para pemimpin daerah yang mampu memajukan daerah sesuai harapan masyarakat, menepati janji kampanye, dan menciptakan tata pemerintahan yang baik dan bersih.

Emil, begitu ia disapa, menuturkan penghargaan dan apresiasi tak lebih dari sebatas bonus dari konsistensi menjalankan amanah masyarakat.

"Hidup ini harus bermanfaat, jadi pemimpin harus membawa perubahan, membawa kemajuan, ukurannya hanya itu. Ketiga, hidup jangan mencari pujian atau dapat penghargaan, tapi kalau dapat penghargaan berarti ada yang mengapresiasi terjadinya perubahan," tuturnya.

Baca juga : Soal SK Pencabutan Dukungan Golkar, Ridwan Kamil Sebut Hanya Fotokopi

Penghargaan ini menggenapi daftar penghargaan menjadi 300, yang telah diraih Kota Bandung sejak tahun 2013 dalam kepemimpinan M Ridwan Kamil dan Oded M Danial, baik dari tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

Di tempat yang sama, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menuturkan, penghargaan tersebut harus menjadi suntikan semangat agar para pemimpin daerah bisa segera menuntaskan janji politiknya.

"Saya membaca janji kampanye para gubernur wali kota apa yang dikerjakan. Semoga dengan penghargaan ini para pemimpin daerah lebih amanah membangun daerah untuk mempercepat pemerataan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan rakyat demi kemaslahatan masyarakat daerah," jelasnya.

Kompas TV Ridwan Kamil tidak lagi didukung partai Golkar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com