Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Jonan Tinjau Persiapan Natal Nasional di Pontianak

Kompas.com - 19/12/2017, 06:07 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Ketua Umum Panitia Natal Nasional 2017, Ignasius Jonan memantau persiapan lokasi perayaan natal yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo di Rumah Radakng, Jalan Sutan Syahrir, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (18/12/2017).

Jonan yang juga merupakan menteri ESDM itu mengatakan, acara Natal Nasional 2017 sudah ditetapkan akan dilaksanakan di Rumah Radakng pada 28 Desember 2017 pukul 15.00 WIB sampai selesai.

"Kemungkinan Presiden Joko Widodo akan datang sekitar jam empat sore seusai ibadah," ujar Jonan, Senin (18/12/2017).

Jonan berharap, panitia bekerja keras agar jangan sampai acara nasional yang dipusatkan di ibu kota Kalimantan Barat itu tidak berjalan maksimal. Semua persiapan teknis harus dicek secara rinci, termasuk pengamanan, konsumsi, tempat parkir dan persiapan lainnya seperti listrik dan sound system.

Ketua Panitia Pelaksana Natal Nasional yang juga gubernur Kalimantan Barat, Cornelis hari ini memimpin langsung rapat persiapan Natal Nasional 2017 di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar. Rapat itu juga dihadiri Pangdam XII Tanjungpura, wakapolda Kalbar, bupati dan wali kota se-Kalbar, dan instansi terkait lainnya.  

Baca juga : Instruksi Jokowi untuk Polri, TNI, dan BIN Jelang Natal dan Tahun Baru

Cornelis mengatakan, sejauh ini panitia sudah melakukan persiapan sebaik mungkin. Namun, menurutnya ada beberapa hal yang bukan menjadi kewenangan panitia seperti pengamanan, sebab diperkirakan jumlah tamu undangan yang akan hadir mencapai 10.750 orang.

Jumlah undangan yang akan hadir itu didapat dari batasan kuota yang sebelumnya sudah ditentukan panitia untuk masing-masing kabupaten dan kota yang ada di Kalimantan Barat.

"Namun jumlah itu belum termasuk masyarakat yang datang dengan kendaraan sendiri," jelas Cornelis.

Baca juga : Namanya Dicatut Minta Sumbangan Natal, 2 Jaksa Lapor Polisi

Gubernur Kalbar dua periode ini berharap, pelaksanaan natal bisa berjalan aman dan lancar. Cornelis juga meminta kepada seluruh masyarakat Kalbar untuk mendukung pelaksanaan natal nasional ini.

Kompas TV Guna mengamankan perayaan natal dan malam pergantian tahun, kepolisian Indonesia akan mulai menyebar pasukannya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com