Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Orang Tewas Tertimbun Longsor di Lereng Merapi

Kompas.com - 18/12/2017, 14:45 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

Kompas TV Bukit setinggi 200 meter di Desa Tegal Rejo Gunung Kidul longsor.

MAGELANG, KOMPAS.com - Bencana longsor terjadi di area penambangan pasir lereng Gunung Merapi, Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (18/12/2017).

Informasi dari Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupetan Magelang menyebutkan, hingga pukul 13.38 WIB, sebanyak 8 orang meninggal dunia dan 8 orang luka-luka akibat tertimbun longsor.

"Data sementara, ada 8 orang meninggal. Sebanyak 4 orang sudah berada di RSUD Muntilan, 4 orang masih di bascamp untuk identifikasi," jelas Cahyono, petugas Pusdalops BPBD Magelang, Senin siang.

Menurutnya, bencana longsor terjadi di area penambangan di Sungai Bebeng, sekitar pukul 10.30 WIB. Sampai saat ini masih dalam proses evakuasi oleh relawan, TNI, Polri, petugas pemadam kebakaran, dan masyarakat setempat.

"Kami belum bisa memastikan berapa jumlah total korban baik luka maupun meninggal, sekarang masih proses pencarian dan menggali data," kata Cahyono.

Baca juga : Bocah yang Jatuh ke Sungai Saat Longsor di Manado Ditemukan Tak Bernyawa

Lokasi bencana terletak di sekitar 5 kilometer dari puncak Merapi. Wilayah tersebut merupakan area penambangan pasir dan batu manual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com