Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengentasan Kemiskinan, Prioritas Sudirman Said Pimpin Jateng

Kompas.com - 17/12/2017, 15:56 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

GROBOGAN, KOMPAS.com - Bakal calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said menyebutkan, angka kemiskinan di wilayah Jawa Tengah masih jauh dari harapan.

Itulah yang menyebabkannya ingin pengentasan kemiskinan jadi program prioritas jika ia terpilih menjadi Gubernur.

"Padahal kita di Jawa, segalanya tersedia. Jika dibanding provinsi terpandang lain, kemiskinan di Jateng akut," kata Sudirman saat menyampaikan visi dan misi di Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) II DPW PAN Jawa Tengah di Hotel Grand Master Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Sabtu (16/12/2017).

Menurut Sudirman, sampai saat ini tingkat kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan masih kurang. Contohnya, pelayanan kemiskinan.

"Kemiskinan di Jateng memprihatinkan. Bahkan, ada bayi meninggal dunia karena diajak berjalan berkilo-kilometer hanya untuk berobat. Bahkan ketika berobat pun, banyak pasien miskin diabaikan atau tak diterima. Ironis sekali. Nah, dari tingkat bawah ini kita benahi," tutur Sudirman.

(Baca juga : Sudirman Said: Gus Yusuf Itu Banyak Pengikutnya, karena...)

Untuk menekan angka kemiskinan, pihaknya secara bertahap akan menggenjot perbaikan dari seluruh sektor penyangga perekonomian di Jateng. Diantaranya pengoptimalan sektor pertanian, pariwisata, teknologi dan industri.

Ia pun menyebut visinya yakni "membangun jateng mukti bareng".

"Di Jateng katanya 77 persen adalah petani gurem. Kenyataannya mayoritas petani hanya punya 0,2 hektar sawah, selebihnya buruh tani. Jika segala sektor tertata dengan baik dan berkesinambungan, insya'Alloh kemiskinan semakin berkurang. Ayo kerja, sejahtera bersama bangun Jateng bareng," pungkasnya.

Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) II DPW PAN Jawa Tengah di Hotel Grand Master Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Sabtu (16/12/2017).

(Baca juga : PKS Cari Dukungan untuk Sudirman Said)

 

Kegiatan internal itu dihadiri langsung oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, termasuk juga bakal calon Gubernur Jateng dari Partai Gerindra, Sudirman Said.

Di kesempatan itu, PAN resmi menyatakan dukungannya terhadap Sudirman Said maju dalam pertarungan politik pada pemilihan Gubernur Jateng 2018.

Partai berlambang matahari tersebut menunjukkan keseriusannya berkoalisi dengan Partai Gerindra untuk memenangkan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI itu di Pilkada Jateng.

Sebagai langkah awal, Zulkifli Hasan menyerahkan Surat Rekomendasi PAN kepada Sudirman Said dengan disaksikan oleh ratusan Kader PAN yang hadir.

"Ini bentuk dukungan kami terhadap Pak Sudirman Said. Surat rekomendasi ini akan melengkapi Surat Keputusan (SK) nanti," kata Zulkifli.

Kompas TV Partai Amanat Nasional menyatakan dukungan terhadap Sudirman Said sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com