Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Kedua di Tasikmalaya Terasa Lebih Lama

Kompas.com - 16/12/2017, 00:57 WIB
Budiyanto

Penulis


SUKABUMI, KOMPAS.com - Gempa kedua yang menggoncang selatan Jawa terasa lebih lama. Dua gempa di selatan Jawa terjadi berpusat di Sukabumi dan Tasikmalaya.

"Gempa yang kedua terasa besar dan cukup lama, kami pun berusaha keluar rumah. Namun yang pertama saya tidak merasakan, informasinya terasa di wilayah Jampang Tengah," ungkap Sulaeman (31) warga Kecamatan Cicurug kepada Kompas.com, Jumat malam.

Hal senada juga diakui Ilham Firdaus (42) warga Jalan Selabintana, Kecamatan Sukabumi yang merasakan gempa besar berlangsung cukup lama.

"Ya di Selabintana juga terasa goncangannya. Saya sempat keluar rumah, karena takut ada susulan," aku Ilham melalui pesan whats app.

Baca juga: Dua Gempa di Selatan Jawa, Waspada Tsunami

 

Masyarakat Sukabumi, Jawa Barat, dikagetkan dua goncangan gempa yang dirasakan Jumat (15/12/2017) tengah malam. Pertama terjadi sekitar pukul 23:04 WIB dan kedua dirasakan besar terjadi sekitar pukul 23:47 WIB.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa pertama berkekuatan 4,3 skala richter (SR) dengan pusat gempa 7.29 Lintang Selatan 106.69 Bujur Timur berada di 48 kilometer barat daya Kota Sukabumi dengan kedalaman 50 kilometer.

Gempa kedua berkekuatan 7,3 SR pusat gempa pada 8.03 LS,108.04 BT di 43 Km barat daya Tasikmalaya dengan kedalaman 105 Km. Untuk gempa ini, BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami di Jawa Barat,Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com