Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Sambung 1.700 Pelanggan Listrik Perdesaan di Bangka Belitung

Kompas.com - 15/12/2017, 23:41 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Menjelang pergantian tahun, Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyelesaikan pembangunan listrik perdesaan sebanyak 1.700 pelanggan yang tersebar di Provinsi Bangka Belitung.

Pembangunan yang dapat melistriki 35 desa/dusun itu didukung dengan 27 unit gardu berkapasitas 1.350 kVA, jaringan tegangan menengah sepanjang 35,17 kilometer sirkuit (kms), dan 30,69 kms jaringan tegangan rendah.

Saat ini rasio desa berlistrik di Bangka Belitung sudah mencapai 100 persen. PLN Babel saat ini ingin menjangkau yang lebih jauh lagi, yakni dusun-dusun yang berada di pulau terpencil dan yang lokasinya jauh dari jaringan PLN.

Meskipun begitu, PLN menargetkan semua dusun bisa mendapatkan listrik pada 2019. Sebanyak 1.443 pelanggan akan mendapatkan listrik pada 2018 dan 379 pelanggan pada 2019.

“Program ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan dan demi terwujudnya program Indonesia terang,” ujar Manajer Area Bangka, Eko Prihandana, saat peresmian listrik perdesaan di Belinyu, Kabupaten Bangka, Jumat (15/12/2017).

Baca juga: PLN Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Babel

Untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik di kawasan Belinyu serta mendorong investasi sekitarnya, PLN juga akan membangun pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) berkapasitas 6 x 1.000 kW yang saat ini sedang dalam tahap konstruksi.

Proses pekerjaan yang dimulai sejak Maret 2017 ini dapat berhasil berkat koordinasi yang baik dengan stakeholder terkait.

“Kami berterima kasih atas kerja sama, dukungan, dan koordinasi yang baik dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, bupati, camat, kades, dan masyarakat," kata Eko.

Sementara itu, Ketua Mushala Dusun Lepang Pasir, Ali Alwi, menjelaskan kondisi sebelum dan sesudah adanya listrik di perdesaan.

“Sebelum ada listrik, kami susah untuk kehidupan sehari-hari, khususnya pada malam hari untuk kegiatan belajar mengajar dan mengaji. Kemudian banyak pengeluaran untuk BBM genset. Setelah ada listrik, anak-anak menjadi lebih semangat dan antusias belajar serta dapat lebih hemat,” ucap Ali.

Adapun Bupati Bangka Tarmizi menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PLN atas pembangunan listrik perdesaan tersebut.

“Ada listrik, semua kegiatan dapat dilaksanakan," ujar Tarmizi.

Kompas TV Pembangkit Listrik Tenaga Bayu di Sidrap Sulawesi Selatan bisa hasilkan listrik untuk sekitar 80.000 rumah tangga.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com