Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Selamat Mencalonkan Pak Sudirman Said...

Kompas.com - 14/12/2017, 15:03 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut mengucapkan selamat kepada Sudirman Said atas pencalonannnya di Pilkada Jateng. Sudirman resmi diusung Partai Gerindra menjadi bakal calon gubernur Jateng di Pilkada 2018. 

"Selamat mencalonkan. Selamat mencalonkan...," kata Ganjar sambil tersenyum ketika diminta tanggapan pencalonan Sudirman Said di Semarang, Kamis (14/12/2017).

Meski mengucapkan selamat, politisi PDI Perjuangan itu enggan mengomentari lebih jauh soal calon lawannya itu. "Halah masa ditanggapi," ujarnya singkat.

Ganjar sendiri masih bersaing memperebutkan rekomendasi di PDI-P. Di internal, dia bersaing dengan Mustofa, Sunarna, dan Wardoyo Wijaya.

(Baca juga : Gerindra Resmi Usung Sudirman Said, Ferry Juliantono Legawa)

Untuk maju menjadi calon gubernur, sebagaimana peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2016, syarat untuk mengusung calon harus memiliki jumlah perolehan kursi di DPRD sebanyak 20 persen atau 25 persen dari akumulasi suara sah dalam pemilihan legislatif terakhir.

Total kursi DPRD Jateng berjumlah 100 kursi. Partai politik baru bisa mengusung calon sendiri di Pilkada Jateng minimal 20 kursi.

Satu-satunya partai yang dapat mengusung pasangan calon sendiri tanpa berkoalisi adalah PDI-P dengan 31 kursi di DPRD Jateng, disusul PKB 13 kursi, Gerindra 11 kursi, dan PKS serta Golkar masing-masing 10 kursi. Selain itu, PAN 8 kursi, Demokrat 9 kursi, dan PPP 8 kursi. 

Kompas TV Pro kontra proyek reklamasi terus berlanjut, Sudirman Said menyebut adanya Peraturan Gubernur soal reklamasi saat Jakarta dipimpin Joko Widodo.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com