Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mabuk Miras saat Jam Sekolah, Belasan Pelajar Diamankan Polisi

Kompas.com - 14/12/2017, 07:41 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

BETUN, KOMPAS.com - Belasan pelajar SMA di Betun, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT), diamankan polisi karena kedapatan mabuk minuman keras saat jam sekolah.

Kepala Bidang Humas Polda NTT, Kombes Jules Abraham Abast mengatakan, para pelajar itu berkumpul dan minum miras di areal persawahan milik warga.

"Mereka diamankan saat Kapolsek Malaka Tengah AKP Rinaldi Hastomo bersama anggotanya menggelar patroli dalam rangka cipta kondisi jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018," kata Jules kepada Kompas.com, Kamis (14/12/2017) pagi.

Selain mengamankan para pelajar, polisi juga mengamankan sisa miras dan sepeda motor yang digunakan pelajar yang nekat bolos sekolah.

Setelah diamankan, pelajar tersebut kemudian diberi pembinaan dan selanjutnya dibawa ke sekolah mereka.

Menurut Jules, tindakan yang dilakukan oleh polisi guna memberikan efek jera kepada para pelajar yang sudah nyata melanggar peraturan hukum dan juga peraturan sekolah.

“Semua pelajar dibawa ke sekolah dan langsung pertemukan mereka dengan kepala sekolah, guru dan juga orangtua murid. Kalau dibiarkan, nanti keterusan, dan ini sangat berpotensi menciptakan gangguan kamtibmas," jelasnya.

Baca juga : Polisi Ungkap Pembuatan Miras Lokal dengan Bahan Bangkai Tikus

“Mudah-mudahan dengan tindakan polisi ini, mereka (pelajar) tidak lagi mengulang hal yang sama di kemudian hari. Kasihan orangtua sudah banting tulang cari nafkah untuk sekolahkan mereka, tahu-tahunya di luar sana mereka berbuat yang tidak-tidak," tutup Jules.

Kompas TV Minggu (19/11) malam, para pelaku pemberi minuman beralkohol pada satwa di Taman Safari Indonesia diperiksa di Mapolres Bogor, Jawa Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com