Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pendaki Merapi Tersesat, BPBD Boyolali Lakukan Pencarian

Kompas.com - 13/12/2017, 09:07 WIB
Labib Zamani

Penulis

BOYOLALI, KOMPAS.com - Dua orang pendaki dikabarkan tersesat ketika hendak turun dari puncak Gunung Merapi di Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (12/12/2017).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali, Bambang Sinung membenarkan adanya laporan dua pendaki yang tersesat.

Pendaki tersebut diketahui bernama Muhammad Zada Lubab, warga Desa Celombo, Kecamatan Lopak, Kabupaten Semarang dan Sucipto, warga Rempoh, Baturaden, Banyumas.

"Korban naik lewat jalur New Selo," katanya ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (13/12/2017).

Sebelum dikabarkan tersesat, korban bersama 12 orang temannya satu rombongan turun dari puncak Merapi, Selasa (12/12/2017) sekitar pukul 08.00 WIB. Karena kabut sangat tebal, perjalanan turun ditunda sampai pukul 09.00 WIB.

Lantaran mempunyai riwayat cedera di jempol kaki yang menghambat perjalanan, Muhammad Zada Lubab menyuruh teman-temannya turun duluan dan menunggu di Pasar Bubrah.

"Ditunggu sampai pukul 13.00 WIB tidak ada kabar, kemudian teman-teman korban melaporkan kejadian itu kepada pos relawan di sana," ungkapnya.

Baca juga : Pasca-erupsi Gunung Marapi, Delapan Pendaki Tersesat

"Rekan Barameru melakukan pencarian sampai tengah malam karena belum menemukan survival, pencarian dihentikan," terangnya menambahkan.

Saat ini, pencarian terhadap dua pendaki yang dikabarkan tersesat masih dilakukan oleh BPBD Boyolali bersama para relawan Barameru dan relawan lainnya.

Kompas TV Setelah 3 hari hilang, pendaki yang terpisah dengan rombongannya di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, akhirnya ditemukan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com