Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megawati dan SBY Akan Jadi Jurkam pada Pilkada Jatim 2018

Kompas.com - 12/12/2017, 22:16 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan turun ke Jawa Timur sebagai juru kampanye pasangan cagub dan cawagub pada Pilkada Jatim 2018.

Megawati Soekarnoputri akan berkampanye untuk pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Abdullah Azwar Anas, sedangkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkampanye untuk pasangan Khofifah Indar Parawansa - Emil Elistyanto Dardak.

"Bukan hanya Bu Mega yang turun untuk kampanye, tapi semua petinggi dan kepala daerah PDI-P akan ikut berkampanye untuk Gus Ipul - Azwar Anas di Jatim," kata Sekretaris PDI-P Jatim, Sri Untari, Selasa (12/12/2017).

Kata perempuan yang juga Sekretaris Tim Pemenangan Gus Ipul - Azwar Anas ini, Jatim adalah provinsi yang wajib dimenangi dalam pilkada. "Banyak alasannya, selain memang sudah kandang banteng, Jatim adalah tempat kelahiran Bung Karno, bapak proklamator bangsa," jelasnya.

Baca juga: Pesan Megawati untuk Kepala Daerah yang Diusung PDI-P: Merakyat, Sederhana, Tidak Korupsi

Secara terpisah, Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio juga memastikan bahwa SBY akan ikut menjadi juru kampanye pada Pilkada Jatim.

"Selain Pak SBY, nanti juga ada Mas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang turun ke Jatim setelah pasangan Khofifah - Emil sudah ditetapkan menjadi calon oleh KPU," terang Renville.

Renville menambahkan, selama belum ditetapkan oleh KPU, Partai Demokrat Jatim dan semua kader akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat sebagaimana yang telah diinstruksikan langsung oleh SBY dan Ketua DPD Demokrat Jatim, Soekarwo.

Selain diusung Partai Demokrat, pasangan Khofifah - Emil juga diusung Partai Nasdem dan Partai Golkar. Sementara Gus Ipul - Azwar Anas diusung PDI-P dan PKB. Adapun PPP, Gerindra, PKS, dan PAN sampai hari ini belum menentukan langkah langkah politiknya pada Pilkada Jatim 2018.

Kompas TV Pilgub 2018 Jatim dan Jabar mulai ramai dukungan partai-partai
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com