Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-Operasi Tangkap Tangan, Kasat Reskrim Polres Manggarai Dimutasi

Kompas.com - 12/12/2017, 15:50 WIB
Markus Makur

Penulis

FLORES, KOMPAS.com - Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur, Iptu AF dimutasi ke Mapolda NTT pasca-operasi tangkap tangan (OTT) oleh tim Propam Polda NTT, Senin (11/12/2017). Selanjutnya yang bersangkutan akan menjalani pemeriksaan.

Tim Propam Polda NTT melaksanakan operasi tangkap tangan di ruang kerja di Mapolres Manggarai bersama dengan seorang kontraktor.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda NTT AKBP Jules A Abast saat dikonfirmasi Kompas.com melalui ponsel, Selasa (12/12/2017) sekitar pukul 12.30 Wita, membenarkan informasi itu.

Abast membenarkan bahwa kemarin ada OTT tim Propam Polda NTT atas perintah Kapolda NTT. Tim sudah berhasil melakukan operasi tangkap tangan di Polres Manggarai. Tindakan selanjutnya oleh Kapolda NTT terhadap oknum perwira yang bersangkutan sudah dimutasi untuk dapat dilakukan pemeriksaan di Polda NTT.

Untuk jumlah uang secara pasti belum bisa disampaikan karena tim sampai saat ini masih di Manggarai. Penanganan kasus ini selanjutnya tetap ditangani oleh Polda NTT. Jadi penangkapannya bukan oleh tim Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Polda NTT, melainkan oleh tim internal Propam Polda NTT.

Baca juga: KPK Gelar Operasi Tangkap Tangan di Nganjuk, Jawa Timur

Abast menjelaskan, yang bersangkutan dikenakan sanksi, yaitu mutasi dari jabatannya. Yang bersangkutan langsung dinonaktifkan sebagai salah satu kepala satuan di Polres Manggarai. Nanti yang bersangkutan akan menjalani pemeriksaan untuk proses lebih lanjut.

Data yang diterima Kompas.com, Selasa (12/12/2017), Kapolda NTT langsung mengeluarkan surat dengan nomor STR/699/XII/2017, di mana keputusan Kapolda NTT: KEP/75/XII/2017 tanggal 11 Desember 2017 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polda NTT.

Isi keputusan itu, Kasat Reskrim Polres Manggarai, Iptu AF, dimutasi sebagai Pama Yanma Polda NTT dalam rangka pemeriksaan. Kemudian, mengangkat AKP Wira Satria Yudha, Panit I Unit 2 Subdit 2 Ditreskrimsus Polda NTT, dengan jabatan baru sebagai Kasat Reskrim Polres Manggarai.

Kompas TV Operasi Tangkap Tangan di Jambi membuat pihak KPK kecewa, karena sebelumnya sudah memperingatkan pemerintah Jambi untuk serius dalam APBD.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com