Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Pulau Pombo yang Cantik Masih Banyak Ditemukan Sampah

Kompas.com - 10/12/2017, 22:57 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Komunitas lari Indorunners Ambon menggelar aksi bersih lingkungan laut di kawasan pesisir Pulau Pombo, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Minggu (10/12/2017). Di pantai yang cantik ini rupanya masih ditemukan banyak sampah.

Dalam aksi bersih-bersih tersebut, Indorunners Ambon mengumpulkan sampah dan kemudian dibawa menggunakan plastik hitam. "Kalian keren!!! Jika membuang sampah pada tempatnya," tulis spanduk yang dibentangkan oleh komunitas tersebut.

Koordinator Indorunners Ambon, Ari Yusuf mengatakan, aksi bersih lingkungan dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap keindahan laut di pulau tersebut.

Pulau Pombo merupakan pulau tidak berpenghuni yang menjadi tempat persinggahan sampah rumah tangga. 

Aksi ini diharapkan mampu menggugah kesadaran masyarakat, untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar serta tidak membuang sampah di laut. 

“Dengan aksi yang dilakukan ini, kita berharap masyarakat semakin sadar untuk tidak buang sampah di laut. Apalagi Pulau Pombo, karena letaknya berada di tengah laut ibarat menjadi tempat sampah besar. Pulau ini juga menjadi tempat wisata, kalau wisatawan nyaman datang kesini, kebersihannya juga harus dijaga,” pintanya. 

Baca juga : Snorkeling, Susi Pudjiastuti Nikmati Keindahan Laut Pulau Pombo

Pasir putih dan laut jernih mendominasi Pulau Pombo. (Sutiknyo/Foto Arsip Majalah National Geographic Traveler Indonesia Juni 2011) Pasir putih dan laut jernih mendominasi Pulau Pombo.

Aksi bersih pantai yang diikuti 40 member Indorunners Ambon, merupakan kegiatan yang kedua kalinya digelar. Sebelumnya komunitas ini pernah melakukan aksi serupa di Pantai Wayame, Kota Ambon.

“Kita sudah pernah menggelar aksi bersih Pantai Wayame. Namun dalam scope yang kecil. Aksi itu juga mendapat respons positif dari warga sekitar,” ujarnya.

Ia menyarankan agar pemerintah setempat dapat menyediakan tempat sampah di Pulau Pombo, sehingga pengunjung tidak membuang sampah sembarangan di pulau tersebut. Karena tempat sampah yang ada saat ini jumlahnya masih sedikit.

Baca juga : Tips Berwisata ke Pulau Pombo

Ari berharap, ke depan akan semakin banyak komunitas muda Kota Ambon, yang turut berperan menjaga kebersihan lingkungan. Wisatawan dan warga diminta tidak membuang sampah di laut mapun sekitar pantai. 

Pulau Pombo sendiri merupakan salah satu pulau tak berpenghuni yang kerap didatangi masyarakat untuk berwisata. Laut di pulau ini sangat cocok untuk snorkeling.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com