Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Kita Kejar Terus, Jangan Sampai Difteri Muncul

Kompas.com - 10/12/2017, 08:55 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tengah melakukan pendataan untuk mencegah dan mengantisipasi munculnya penyakit difteri di Jawa Tengah.

"Sekarang kami mintakan untuk checking. Sebab, sebenarnya satu saja sudah KLB, ya. Maka, sekarang kami harus serbu, kami gerakkan seluruh kekuatan yang ada," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo seusai menghadiri HUT Ke-50 Batik Danar Hadi di Solo, Sabtu (9/12/2017) malam.

Ganjar mengaku telah meminta Dinas Kesehatan turun ke lapangan mencari tahu apakah penyakit itu mewabah ke Jawa Tengah atau tidak.

Ganjar juga meminta peran serta masyarakat, seperti kelompok masyarakat, ibu PKK, dan posyandu untuk membantu pemerintah mengantisipasi munculnya penyakit difteri.

"Kami harus bisa mencegah. Jangan sampai ini muncul. Jadi, harus kami kejar terus," ucapnya.

(Baca juga: Satu Anak Meninggal karena Difteri, Warga Serbu Posyandu)

Pengawasan terhadap munculnya penyakit difteri berlaku untuk seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah sehingga apabila ada satu kabupaten yang terserang penyakit itu semua harus waspada.

Disinggung apakah di Jawa Tengah sudah ada yang terkena penyakit itu, Ganjar menyatakan, pihaknya sampai saat ini masih melakukan pengecekan di lapangan.

"Justru begitu ada informasi, kami buka agar mereka melaporkan semuanya. Agar kami tahu ada endemik di tempat-tempat tertentu," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com