Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Rusak Diterjang Banjir, Jokowi Janji Perbaiki dalam 3 Bulan

Kompas.com - 09/12/2017, 22:51 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menjanjikan perbaikan jembatan Mbojing, di Gelaran 1, desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta, akan diselesikan selama tiga bulan.

"Sebagai contoh ini (Jembatan Mbojing) sebetulnya jembatan kecil karena darurat kabupaten enggak memiliki anggaran nanti akan dikerjakan oleh PU (Suku Dinas Pekerjaan Umum) atau BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) pusat. Saya tadi sudah perintahkan maksimal 3 bulan harus diselesaikan ini," kata Jokowi di sela mengunjungi Dusun Gelaran 1, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul Sabtu (9/12/2017).

Baca: Banjir dan Longsor Rusak 11 Jembatan di Gunungkidul

Jokowi mengatakan, ia ingin melihat langsung kondisi lapangan yang baru saja terkena banjir terutama berkaitan dengan korban, infrastruktur, dan fasilitas pendidikan yang rusak, terutama dengan berkaitan fasilitas pendidikan sekolah yang rusak.

"Oleh sebab itu saya ingin memastikan di lapangan, ingin memastikan berapa yang dikerjakan pemerintah daerah berapa yang dikerjakan pusat," kata dia.

Presiden menilai penanganan pengungsi sudah baik. Tidak ada keluhan mengenai pemenuhan kebutuhan dasar.

"Untuk anak-anak kegiatan belajar tidak boleh terganggu. Yang kehilangan tempat tinggal saya sudah perintahkan kepala BNPB dan Kementrian PU agar segera dikerjakan," ujar Jokowi.

Baca: Viral di Medsos, Tanah Ambles di Gunungkidul Membentuk Danau Berair Jernih

 

Presiden juga memerintahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy untuk segera memperbaiki gedung-gedung sekolah yang rusak, tidak hanya di Gunungkidul tapi juga di Pacitan dan Wonogiri.

Jokowi ingin segera mendapat kepastian soal pekerjaan mana yang akan ditanggung pemerintah daerah dan mana yang ditanggung pemerinta pusat.

Kampung Mbojing dihuni 95 kepala keluarga. Salah satu jalur utama melalui jembatan yang membelah Sungai Oya rusak diterjang banjir Selasa (28/11/2017) lalu. Akibatnya, warga harus menggunakan perahu karet untuk memenuhi kebutuhan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com