Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian Perhubungan Klaim Siap Hadapi Liburan Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 09/12/2017, 19:57 WIB
Markus Yuwono

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut libur Natal dan tahun baru, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku akan mempersiapkan sejak awal sehingga tidak terjadi kemacetan lalu lintas.

"Saya meminta semua dirjen tranportasi darat, laut, udara, dan kereta api untuk mengindentifikasi masalah. Libur Natal dan akhir tahun sebentar lagi," kata Menteri Budi di Desa Karangasem, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (9/12/2017).

Dia mengatakan, permasalahan utama yakni di beberapa titik lokasi kemacetan sehingga perlu identifikasi titik rawan macet. "Kami akan mengidentifikasi lokasi titik-titik rawan macet, dan kami berusaha untuk mencari solusi beberapa hal yang jadi critical point," ulasnya.

Baca juga: Polisi Petakan Lokasi Rawan Saat Natal dan Tahun Baru

Budi menambahkan, pihaknya akan mengedukasi pengendara dan pengusaha transportasi truk serta kendaraan umum, seperti bus. Materi edukasi itu yakni kelayakan kendaraan yang akan dioperasikan. Salah satu poin penting yakni mengantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan.

Sebab, dari identifikasi pihaknya, banyak sekali kendaraan umum yang tidak layak beroperasi. "Kami akan melakukan ram cek (pemeriksaan kendaraan). Dari identifikasi kami, kendaraan umum itu banyak sekali yang tidak layak," ucap Budi.

Dia mengatakan, minggu depan akan ada hasil mengenai identifikasi masalah. Kementerian Perhubungan secara umum siap menyambut libur akhir Natal dan akhir tahun.

"Kesiapan ya harus siap," ujarnya.

Kompas TV Peresmian kereta api bandara masih menunggu keputusan dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com