Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bumi 4,6 SR Guncang Maumere

Kompas.com - 09/12/2017, 15:59 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

MAUMERE, KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,6 skala Richter (SR) mengguncang Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (9/12/2017).

Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang Hasanudin mengatakan, gempa bumi itu terjadi pada pukul 12.57 Wita dan tidak berpotensi tsunami.

Menurut Hasanudin, pusat gempa bumi berada di laut atau 88 kilometer arah barat daya Kota Maumere dengan koordinat 9.39 Lintang Selatan dan 122.03 Bujur Timur dan kedalaman 18 kilometer.

Hasanudin menyebutkan, berdasarkan hasil analisis peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan pada I Skala Intensitas Gempabumi BMKG (SIG-BMKG) atau I-II skala intensitas Modified Mercally Intensity (MMI) di wilayah Kecamatan Waigete dan sekitarnya.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," ucap Hasanudin.

Baca juga: Gempa Bumi Rusak 233 Rumah di Bengkulu

Terkait dengan peristiwa gempa bumi, hingga laporan ini dibuat pada pukul 14.45 Wita, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

Kompas TV Warga membersihkan puing bangunan yang roboh akibat gempa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com