Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Banjir Bah, Warga Panik Selamatkan Mobil Terbawa Arus

Kompas.com - 09/12/2017, 12:21 WIB
Junaedi

Penulis

MAMUJU TENGAH,KOMPAS.COM - Banjir bah menerjang tiba-tiba di Sungai Salubiro, Desa Lara, Kecamatan Karossa, Mamuju Tengah, Sulawesi barat.

Akibatnya, satu unit mobil yang sedang diparkir di bantaran sungai hanyut terseret arus, Jumat (8/12/2017) sore kemarin. Warga dan pemilik mobil yang panik berusaha menyelamatkan mobil dengan cara manual agar tidak terseret arus lebih jauh.

Warga yang panik berupaya menyelamatkan mobil nahas ini dengan berbagai cara. Dengan menggunakan sejumlah tali nilon, warga bahu-mebahu menarik mobil tersebut mengunakan tali hingga bisa naik ke daratan.

Namun, Derasnya arus banjir membuat warga kesulitan mengevakuasi mobil tersebut. 

Baca juga : Hari Ketujuh Banjir, Warga Enam Desa di Aceh Utara Masih Mengungsi

Banjir juga menerjaan ratusan rumah warga di sepanjang bantaran Sungai Salubiro. Banjir yang mencapai ketinggian 60 cm mebuat aktivitas warga kembali lumpuh. Sepekan lalu banjir serupa juga menerjang pemukiman warga.

Banjir kedua kalinta dalam sebulan terakhir tak hanya merendam kawasan pemukiman warga, tetapi juga Jalan Trans Sulawesi sepanjang satu kilomter.

Sabri, salah satu warga setempat menyebutkan, banjir bah kedua kalinya terjadi sejak dua pekan terakhir. Namun, bajir yang masih terjadi hingga hari ini lebih parah.

Baca juga : Menelusuri Penyebab Banjir Selama Sepekan di Aceh Utara

"Ini banjir bah kedua kalinya, pekan lalu banjir juga dab bikin panik warga,” ujar Sabri.

Warga mengaku sejak setahun terakhir banjir di daerah tersebut sering terjadi, terutama saat musim hujan datang.

Warga menduga maraknya pembalakan hutan dan pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit di sepanjang muara sungai menjadi salah satu pemicu pemukiman mereka kini jadi langganan banjir.

Kompas TV Hujan deras yang disertai angin kencang di Kota Surabaya, Jawa Timur, mengakibatkan banjir di kawasan Babat Jerawat, Benowo, Surabaya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com