Ridwan Kamil: Saya Tidak Pernah Umbar Janji soal Wakil untuk Pilkada Jabar - Kompas.com

Ridwan Kamil: Saya Tidak Pernah Umbar Janji soal Wakil untuk Pilkada Jabar

Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
Kompas.com - 08/12/2017, 18:43 WIB
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat meninjau kegiatan Bekraf Festival 2017 di Gudang PT KAI, Jalan Sukabumi, Jumat (8/12/2017) sore.Dokumentasi Humas Pemkot Bandung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat meninjau kegiatan Bekraf Festival 2017 di Gudang PT KAI, Jalan Sukabumi, Jumat (8/12/2017) sore.

BANDUNG, KOMPAS.com - Kandidat gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan tidak pernah menjanjikan posisi wakil kepada partai pendukungnya pada Pilkada Jabar 2018.

Ridwan menyampaikan hal itu untuk menanggapi pernyataan Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuzy (Gus Romi) yang menentang cara konvensi dalam pemilihan calon pendamping Ridwan Kamil. Sebab, kata Romi, PPP telah dijanjikan tempat wakil jika memberi dukungan bagi Ridwan Kamil.

"Semua partai menginginkan wakilnya. Sedang dicari sebuah cara untuk bisa diterima oleh semua pihak. Golkar menginginkan wakilnya, PPP menginginkan wakilnya," kata Ridwan saat meninjau Bekraf Festival 2017 di Jalan Sukabumi, Jumat (8/12/2017).

"Saya tidak pernah mengumbar janji soal wakil. Saya selalu bilang urusan wakil itu harus disepakati oleh semua partai koalisi," ujar Emil, sapaan akrabnya.

Baca juga: PKB: Wakil Ridwan Kamil Harus Bisa Mengurus Desa

Emil menjelaskan, saat ini dia tengah berkomunikasi dengan sejumlah tokoh di Jawa Barat untuk meminta masukan terkait sosok yang pas untuk mendampinginya pada Pilkada Jabar. Hal itu pun sekaligus membantah soal rencana konvensi untuk memilih calon wakilnya.

"Proses komunikasi ini masih berlangsung, yang ada itu rencana musyawarah dengan tokoh Jabar untuk memberi masukan kepada saya. Ujung-ujungnya kan saya yang mengambil keputusan, tapi saya butuh input," ungkap Emil.

"Jadi sebetulnya bukan konvensi memilih satu calon. Ini musyawarah dari para tokoh Jabar yang saya anggap sebagai orangtua supaya memberikan input yang lengkap sehingga pada saat saya memberi keputusan, keputusan itu yang terbaik," jelasnya.

Kompas TV Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat Rabu (5/12) malam akan meluncurkan perhelatan pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Bandung, Dendi Ramdhani
EditorErwin Hutapea
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM