Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keracunan Makanan Saat Acara Ulang Tahun, 1 Orang Tewas, 11 Dirawat

Kompas.com - 08/12/2017, 08:50 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

PONOROGO, KOMPAS.com - Satu orang meninggal dunia dan sebelas lainnya dirawat setelah diduga keracunan makanan dalam hajatan ulang tahun di Desa Kori, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (7/12/2017) malam.

"Satu korban yang meninggal bernama Eni Ermawati (28). Korban meninggal meninggal setelah dirawat di Rumah Sakit Aisyiyah Ponorogo. Sementara 11 warga lainnnya masih dirawat di rumah sakit, " kata Kapolres Ponorogo AKBP Suryo Sudarmadi yang dihubungi Kompas.com, Jumat ( 8/12/2017) pagi.

Suryo menjelaskan sebelas warga yang masih dirawat di rumah sakit adalah Karsi (60), Karni (40), Dian (30), Narti (65), Hariyah (50), Tunik (40), Sri Wahyuni (43), Endang (30), Finti (25), Palil (40), Radia (7) dan Titik (33).

Menurut Suryo, petaka yang menimpa 12 warga itu bermula saat seorang warga menggelar syukuran ulang tahun pertama anaknya, Selasa (5/12/2017) malam. Setelah acara selesai, makanan dibagikan untuk dimakan dan sebagian dibawa pulang.

Suryo mengatakan, warga yang tidak bisa hadir dalam hajatan tersebut juga diberi makanan berupa nasi, sayuran urap, daging ayam, telur, mie, tahu dan roti. Selang sehari kemudian, warga yang diundang hajatan itu merasakan mual dan pusing.

"Korban sempat diobatkan ke perawat Puskesmas Bondrang. Karena tidak mampu menangani, korban dirujuk ke Rumah Sakit Aisyiyah Ponorogo. Namun akhirnya satu korban meninggal di rumah sakit," ujar Suryo.

Terhadap kasus itu, kata Suryo, selain mendatangi tempat kejadian perkara, polisi juga menyita makanan yang disajikan dalam hajatan tersebut. Tak hanya itu polisi juga memeriksa pemilik hajatan untuk menyelidiki keracunan yang menimpa warga.

DATANGI--Aparat Polres Ponorogo mendatangi tempat kejadian keracunan masal yang menimpa warga di Desa Kori, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (7/12/2017) malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com