Kreasi Tukang Ojek di Ambon, Pohon Natal Ini Dibuat dari Ratusan Botol Bir Bekas - Kompas.com

Kreasi Tukang Ojek di Ambon, Pohon Natal Ini Dibuat dari Ratusan Botol Bir Bekas

Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty
Kompas.com - 07/12/2017, 15:46 WIB
Sebuah pohon natal dari yang dibuat dari ratusan botol bir bekas berdiri di Jalan Ponogoro, Kota Ambon, Kamis (7/12/2017).Kompas.com/Rahmat Rahman Patty Sebuah pohon natal dari yang dibuat dari ratusan botol bir bekas berdiri di Jalan Ponogoro, Kota Ambon, Kamis (7/12/2017).

AMBON, KOMPAS.com - Umat Kristiani di Kota Ambon mulai membuat pohon natal dan memasang pernak-pernik untuk menyambut perayaan Hari Natal 25 Desember 2017.

Pohon natal yang dibuat warga dalam berbagai bentuk dan ukuran itu tersebar di sejumlah kawasan di Kota Ambon mulai dari Kecamatan Teluk Ambon hingga Kecamatan Nusaniwe.

Hal yang menarik dari banyak pohon natal dibuat yaitu ada satu pohon natal setinggi tiga meter yang sengaja dibuat dari bekas botol bir. Pohon natal itu dibuat tukang ojek pangkalan Flamboyan yang berada di kawasan Jalan Diponegoro di Kecamatan Sirimau, Ambon.

Odon, salah seorang tukang ojek di pangkalan Flamboyan, saat ditemui Kompas.com, Kamis (7/12/2017), mengatakan, pohon natal tersebut dibuat oleh para tukang ojek dengan botol bir bekas sebanyak 540 botol.

“Pohon natal ini kami buat pas tanggal 1 Desember kemarin. Kami pakai botol bir bekas sebanyak 540 buah botol,” kata Odon saat sedang menunggu penumpang di pangkalan ojek tersebut.

Baca juga: Sambut Natal dan Tahun Baru, KAI Bandung Siapkan 54.996 Kursi Per Hari

Dia mengakui bahwa dalam membuat pohon natal tersebut mereka sangat berhati-hati dan teliti karena mereka harus menyusun botol-botol tersebut secara seimbang agar tidak terjatuh.

”Kami susun botol-botolnya sedemikian rupa kalau tidak bisa terjatuh,” ucap dia.

Selain pohon natal, para tukang ojek ini juga membuat boneka penguin unik dari bekas gelas plastik. Para tukang ojek juga menghiasi pohon natal tersebut dengan lampu hias dan ornamen lainnya.

“Kami dapat sumbangan juga dari masyarakat. Ada yang memberikan uang dan juga botol bekas. Kalau malam pohon natalnya menyala berwarna-warni,” tutur dia.

Marlen, salah seorang warga setempat, mengaku pohon natal yang dibuat para tukang ojek itu sangat unik karena bahan dasarnya berasal dari botol bir bekas.

”Saya lihat ada banyak pohon natal yang bagus-bagus di Ambon, tapi ini pohon natal yang termasuk unik,” ujar dia.

Kompas TV Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, bersama pemuda gereja, membuat pohon natal unik yang terbuat dari bahan daur ulang sampah.

PenulisKontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty
EditorErwin Hutapea
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM