Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung Terjang Desa Pesisir di Bireuen, 15 Rumah Hancur

Kompas.com - 07/12/2017, 05:38 WIB
Raja Umar

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com - Sebanyak 15 bangunan rumah dan ruko milik warga Desa Tanoh Anoe, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireun, hancur diterjang angin puting beliung, Rabu (6/12/2017) sekitar pukul 17.00 WIB.

“Tadi sore kejadiannya. Angin puting beliung telah mengakibatkan 15 unit rumah dan ruko hancur diterjang angin,” kata Munirwan, Sekretaris Desa Tanoh Anoe kepada Kompas.com, Rabu (6/11/2017) malam.

Menurut Munirwan, puting beliung yang melanda wilayah permukiman warga pesisir pantai di desanya berlangsung sesaat. Selain 15 rumah dan ruko, 30 pondok usaha garam milik warga rusak diterjang angin.

“Anginnya hanya terjadi sebentar, sekitar 30 detik," tuturnya.

(Baca juga : Diterjang Puting Beliung, 5 Rumah di Aceh Rata dengan Tanah)

Munirwan menjelaskan, bagi warga yang kehilangan tempat tinggal langsung diungsikan ke kantor desa dan masjid setempat. Mereka harus diungsikan dalam keadaan gelap karena dua tiang listrik PLN ikut tumbang. 

“Ada dua tenda yang didirikan BPBD, tapi kondisinya ini masih gelap karena pihak PLN sedang melakukan perbaikan tiang listrik yang tumbang,” ujarnya. 

Kompas TV Sebagian besar bangunan rusak adalah rumah warga.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com