Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Kecil, Marsekal Hadi Selalu Didongengi Kisah Malin Kundang

Kompas.com - 05/12/2017, 17:44 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Sersan Mayor (Purn) Bambang Sudardo (82), ayah Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto mengaku bangga atas karir putranya di lingkungan TNI. Apalagi, putra pertamanya itu telah dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi calon Panglima TNI.

"Namanya orangtua senang, gembira. Anak bisa mendapat kepercayaan," kata Bambang saat ditemui di kediamannya di Jalan Rogonoto, Desa Tamanharjo, RT 3 RW 4 nomor 70, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Selasa (5/12/2017).

Bambang mengatakan, putranya sudah menghubunginya bahwa telah dicalonkan menjadi Panglima TNI. Ia meminta doa supaya uji kelayakan dan kepatutan yang harus dilaluinya di Komisi I DPR RI berjalan lancar.

"Sudah, tadi pagi telpon, jam 8. Minta doa restu, mudah-mudahan semua lancar," katanya.

Bambang berharap, putranya itu bisa melaksanakan semua kewajibannya. Ia juga terus mengingatkan putranya agar tetap hidup sederhana meski nantinya memegang komando tertinggi di lingkungan TNI.

"Sederhana saja, yang penting buktinya. Mengerjakannya," katanya.

Baca juga : Marsekal Hadi Tjahjanto Disebut Otak Setan oleh Teman SMA-nya

Di lingkungan keluarga, Hadi dikenal sebagai sosok yang ramah. Ia selalu menyempatkan datang mengunjungi orangtuanya di tengah-tengah kesibukannya sebagai perwira TNI. Apalagi, waktu kecil Hadi selalu diceritakan tentang dongeng Malin Kundang yang durhaka kepada ibunya.

"Didongengi oleh ibunya (Nur Sa'adah) kalau besar nanti jangan sampai menjadi kayak Malin Kundang," katanya.

Hadi menurutnya sudah memiliki keinginan untuk manjadi tentara sejak masih kecil. Ayahnya yang merupakan prajurit TNI Angkatan Udara memicu keinginan Hadi untuk ikut mengabdikan dirinya di dunia militer.

Baca juga : Golkar Perintahkan Fraksi Setujui Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI

Saat ini, Hadi tengah bersiap menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR. Presiden Joko Widodo telah resmi mengajukan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 mendatang.

Kompas TV Dalam kurun waktu 3 tahun, Marsekal Hadi 2 kali mendapat promosi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com