Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Optimistis Tol Soroja Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Kabupaten Bandung

Kompas.com - 04/12/2017, 23:57 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berharap mobilitas dari atau menuju Soreang, Kabupaten Bandung, yang selama ini terhambat oleh kemacetan jalanan bisa kembali lancar.

“Tentu saja saya sampaikan di sini ada kawasan industri, kawasan wisata, kawasan pemerintahan, kawasan olahraga, kita harapkan pergerakannya, mobilitasnya akan semakin baik,” kata Presiden Jokowi saat ditemui seusai meresmikan Jalan Tol Soroja (Soreang- Pasirkoja) di Gerbang Tol Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (4/12/2017).

Selain itu, Presiden Jokowi optimistis bahwa kehadiran Tol Soroja bisa meningkatkan kunjungan wisata ke beberapa destinasi seperti Ciwidey, Kawah Putih, Pangalengan dan lain-lainnya.

“Terutama tempat wisata akan banyak didatangi oleh turis dan wisatawan, serta kawasan industri bisa lebih efisien agar daya saing produknya lebih baik,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Soroja (Soreang- Pasirkoja), Senin (4/12/2017) di Gerbang Tol Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Baca juga : Presiden Jokowi Jajal Tol Soroja dengan Menumpang Bus Persib

Jokowi mengatakan, Tol Soroja merupakan infrastruktur yang paling dinantikan oleh masyarakat Kabupaten Bandung dan Kota Bandung. Sebab, pembangunan tol sepanjang 10,55 kilometer ini telah mangkrak cukup lama.

“Ini tol yang sangat dinantikan masyarakat di Kabupaten Bandung dan sekitarnya dan sudah ditunggu lama sejak 1996,” ujar Jokowi saat diwawancara seusai peresmian, Senin siang.

Lebih lanjut Jokowi mengklaim pengerjaan Tol Soroja dikebut pada masa pemerintahannya lewat PT Citra Marga Lintas Jabar sebagai Pengusahaan Jalan Tol Soroja.

“Sudah kita kerjakan dua tahun lebih sedikit,” akunya.

Jokowi optimistis keberadaan Tol Soroja bakal mempersingkat waktu tempuh dari Kota Bandung ke Kabupaten Bandung yang biasa ditempuh selama satu sampai dua jam via Kopo yang dikenal sebagai jalur neraka.

“Kita harapkan dengan tol yang ada ini dari Bandung ke Soreang memakan waktu kurang lebih 12 menit dari sebelumnya karena macet sampai satu setengah jam lebih,” katanya.

Baca juga : Presiden Jokowi Resmikan Tol Soroja yang Mangkrak sejak 1996

Untuk diketahui, Tol Soroja yang menjadi bagian dari jaringan transportasi Bandung Raya dan terkoneksi dengan Tol Purbaleunyi memiliki nilai investasi sebesar Rp 1,765 triliun. Tol Soroja memiliki lima gerbang yaitu Margaasih Barat, Margaasih Timur, Kutawaringin Barat, Kutawaringin Timur dan Soreang.

Kompas TV Presiden Joko Widodo Senin (4/12) meresmikan Jalan Tol Soreang Pasir Koja di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com