Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons Wapres JK soal Pemilihan KSAU sebagai Pengganti Panglima TNI

Kompas.com - 04/12/2017, 13:17 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah resmi mengajukan nama Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon panglima baru TNI untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan memasuki masa pensiun.

Terkait hal itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebutkan bahwa penggantian panglima TNI merupakan hak prerogatif Presiden. Menurut Jusuf Kalla, Presiden berhak mengganti panglima TNI yang sudah memasuki masa pensiun.

"Itu kan hak prerogatif Presiden untuk mengganti panglima pada waktunya karena kan panglima kita segera pensiun," kata Jusuf Kalla seusai menjadi keynote speaker dalam "Seminar Nasional Hilirisasi Teknologi dan Start-Up Bisnis" di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya, Kota Malang, Senin (4/12/2017).

Kalla mengatakan, calon panglima TNI harus berpangkat bintang empat, sedangkan prajurit bintang empat yang aktif tidak banyak. Oleh karena itu, dia menyerahkan pengajuan calon panglima TNI kepada Presiden.

"Itu syaratnya harus bintang empat. Bintang empat di Indonesia ini yang aktif tidak banyak. Karena itu, apa yang diusulkan beliau itu," ujar dia.

Baca juga: Presiden Ajukan KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Calon Panglima TNI

Adapun surat pengajuan penggantian panglima TNI tersebut diserahkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Wakil Ketua DPR Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Fadli Zon pada Senin (4/12/2017) pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com