Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasdem Dorong Saan Mustofa Ikut Konvensi Calon Pendamping Ridwan Kamil

Kompas.com - 04/12/2017, 09:33 WIB
Farida Farhan

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com - Meski tak mengajukan syarat pada awal menyatakan dukungan,  Ketua DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) se-Jawa Barat mendorong Ketua DPW Nasdem Jabar Saan Mustofa mengikuti konvensi pemilihan calon pendamping Ridwan Kamil.

Ketua DPD Partai Nasdem Karawang, Dian Fahrud Jaman mengungkapkan, dukungan tersebut muncul dalam rapat konsolidasi internal DPD Partai Nasdem se-Jabar, Kamis (30/11/2017).

"Nantinya DPD Nasdem se-Jabar akan melakukan kerja-kerja politik untuk mendorong Kang Saan," ucapnya kepada Kompas.com, Senin (4/12/2017).

Konsolidasi yang dihadiri ketua DPD Partai Nasdem dari 27 kota/kabupaten itu sepakat memilih Saan Mustofa. Sebab mereka menilai, Saan tokoh politik nasional yang sudah memiliki track record jelas, sehingga cocok mendampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jabar 2018.

(Baca juga : Pengamat Sebut Konvensi Mencari Pasangan Ridwan Kamil Hanya Basa-basi)

Menurutnya, partai koalisi pengusung Ridwan Kamil memiliki prinsip yang sama yakni kesetaraan, bukan berdiri atas jumlah kursi di legislatif. Karenanya Nasdem dan parpol lain mempunyai hak yang sama untuk mengajukan kadernya mengikuti konvensi. 

"Kami dari Nasdem tentunya menilai Kang Saan paling sesuai mendampingi Ridwan Kamil," tuturnya.

Disinggung soal pernyataan Saan Mustofa beberapa waktu lalu perihal Partai Nasdem tidak mengajukan wakil kepada Ridwan Kamil, Dian tidak bicara banyak. "Ini dukungan dari arus bawah. Hasil konsolidasi DPD Partai Nasdem se-Jabar," tandasnya.

Diketahui, Ridwan Kamil memutuskan akan menghelat konvensi pemilihan calon pendampingnya menuju Jabar satu. Wali Kota Bandung itu juga telah menyusun tim ahli yang terdiri dari sembilan orang dalam penentuan pendampingnya.

 

(Baca juga : PPP: Ridwan Kamil Harus Tentukan Sendiri Wakil Gubernur)

Pihak yang mengikuti konvensi tersebut harus mengikuti tes kepatutan, fit and proper test,  integritas, dan survei. Penentuan calon wakil akan dilakukan akhir Desember. 

Kompas TV Bersama Demokrat, PAN, dan PKS, Deddy kini fokus membahas pendampingnya untuk maju di pilgub Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com