Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Siklon Tropis Dahlia, Bandung Jadi Lebih Dingin

Kompas.com - 01/12/2017, 22:57 WIB
Agie Permadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Siklon tropis Dahlia tidak hanya menimbulkan angin kencang dan curah hujan merata. Siklon ini juga mengakibatkan penurunan temperatur udara di Jakarta dan Jawa Barat, khususnya di Kota Bandung.

"Penurunan temperatur karena hujan, jadi dingin, hujan berasal dari laut dia (siklon tropis Dahlia) bawa terlempar ke Jabar dan Jakarta dan kedua angin kencang, polanya angin kecang, curah hujan merata," kata ahli klimatologi Institut Teknologi Bandung Armi Susandi saat dihubungi, Jumat (1/11/2017).

Hal itu terjadi karena ekor siklon tropis Dahlia terpantau pada hari ini pukul 07.00 WIB terdekat dengan wilayah Indonesia yakni di selatan Jawa.

"Itu karena Jawa Barat, khususnya Bandung, tertutup awan sepanjang hari seperti dipayungi, sehingga suhu udara turun. Ditambah lagi kelembapan udara lebih tinggi dari biasanya," ujar Armi.

Menurut Armi, temperatur suhu udara Kota Bandung sendiri sempat turun sejak pagi tadi. Pada pukul 05.00 hingga 07.00, suhu berada pada kisaran 17 derajat Celsius.

Sementara itu, Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kelas I Bandung Toni Agus Wijaya mengatakan, penurunan suhu udara di Bandung merupakan akibat cuaca berawan dan hujan ringan sejak pagi hingga sore tadi.

"Kondisi cuaca berawan dan hujan ringan ini adalah salah satu dampak siklon Dahlia," paparnya.

Menurutnya, kondisi ini secara bertahap akan berkurang dengan sendirinya. Namun pengaruh siklon tropis Dahlia ini masih berpengaruh ke Indonesia hingga Sabtu (2/12/2017) besok.

"Karena siklon Dahlia semakin menjauh dari wilayah Indonesia, bergerak ke arah Australia," kata Toni. 

Saat ini temperatur udara di Kota Bandung sudah normal kembali, meski sempat turun pada pagi hari.

Dalam catatan BMKG, hari ini di Kota Bandung berada pada suhu minimum 20 derajat Celcius dan maksimum 28 derajat celcius.

Menurut Toni, cuaca ekstrem dengan intensitas hujan ringan disertai angin kencang di Jawa Barat terjadi akibat adanya belokan siklon tropis Dahlia di sekitar Jawa Barat.

Hal itu membentuk awan hujan dan peningkatan kecepatan angin di sekitar Bandung Raya.

iklon tropis Dahlia memberikan dampak berupa hujan berintensitas sedang hingga lebat di pesisir barat Bengkulu hingga Lampung, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Kecepatan angin mencapai 20 knot di pesisir barat Bengkulu hingga lampung, Banten bagian selatan dan Jawa Barat bagian selatan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com