Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Perahu Karet, AHY Beri Bantuan Korban Banjir Gunung Kidul

Kompas.com - 01/12/2017, 21:12 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunjungi Kampung Bojing, Padukuhan Gelaran I, Desa Bejiharjo, Gunung Kidul, Yogyakarta, yang terisolasi akibat jembatan penghubung hancur diterjang banjir.

Putra sulung Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono itu menggunakan perahu karet untuk menyeberangi Sungai Oya bersama rombongan. Saat itu, ia juga menyerahkan bantuan kepada 95 Kepala Keluarga (KK) dengan 400 jiwa.

"Kami keluarga besar Bapak SBY ikut prihatin dengan musibah yang dialami warga Gunung Kidul. Sedikit bantuan dari kami semoga ada manfaat," kata Agus seusai menyerahkan bantuan, Jumat (1/12/2017).

Dia meyakini pemerintah segera membangun kembali jembatan yang dibangun tahun 1986 oleh warga setempat, sehingga kegiatan masyarakat kembali normal. Selain memberi bantuan, Agus juga menyemangati warga untuk kembali optimis dalam menjalani aktivitas seperti sediakala.

Baca juga : Banjir Masih Menggenang, Ribuan Warga di Gunung Kidul Mengungsi

"Saya tadi bersama adik-adik, ibu-ibu, bersama sama kita membangkitkan kembali rasa optimisme bahwa pada akhirnya kita bisa kembali kehidupan normal. Saya pikir ini penting, kadang kala bantuan itu tidak hanya materi, tetapi juga bagaimana kita menyembuhkan trauma dan membangkitkan kembali optimisme untuk hidup," ujar Agus. 

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunung Kidul, terdapat 330 kejadian mulai banjir hingga tanah longsor di 86 desa akibat siklon Cempaka. Sebanyak 2911 orang pengungsi yang tersebar di 16 titik pengungsian.

Kompas TV Cuaca ekstrem terjadi selama 2 hari akibat siklon cempaka.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com