Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Undip dan RS TNI AL Ciptakan Tangan Robot untuk Penyandang Disabilitas

Kompas.com - 01/12/2017, 07:48 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SIDOARJO, KOMPAS.com - Peneliti Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, bekerja sama dengan Rumah Sakit Angkatan Laut Dr Ramelan Surabaya, memproduksi tangan robot (hands bionic) untuk penyandang disabilitas.

Tangan robot dari bahan polimer itu didesain mampu mengangkat beban hingga 5 kilogram. "Tangan robot dilengkapi sensor, serta menggunakan motor servo sebagai penggeraknya,” kata Rifky Ismail, peneliti Undip Semarang, Kamis (30/11/2017) di Rumah Sakit Angkatan Laut Dr Ramelan Surabaya.

Produk yang didesainnya bersama mahasiswa dan dosen teknik mesin Undip Semarang itu kata Rifky, memiliki 7 mode diantaranya menggenggam, menjepit, dan menulis.

"Ada 7 mode, jika ingin menganti mode-nya tinggal mengubah dengan melakukan perintah kontraksi otot saja," ujarnya.

Baca juga : Dua Pelajar di Solo Ciptakan Robot Tempat Sampah

Kata Rifky pembuatan tangan robot itu mulanya untuk melengkapi tangan robot Serka Marinir, Siswandi, prajurit TNI AL yang mengalami cacat akibat kedua tangannya terkena ranjau saat latihan. Selama ini tangan kanannya menggunakan tangan robot buatan luar negeri seharga Rp 600 juta.

Dari situ, pihaknya bersama Rumah Sakit Angkatan Laut Dr Ramelan Surabaya berinisiatif membuat tangan robot sendiri dengan ongkos produksi yang bisa lebih murah dan bisa dijangkau oleh masyarakat.

Walhasil, timnya berhasil membuat tangan robot dengan biaya yang lebih murah yakni sekitar Rp 100 juta. "Kami berharap produk ini bisa diproduksi massal untuk bisa diakses oleh masyarakat yang membutuhkan. 

Kompas TV Metalimbs, Robot Tangan yang Dikendalikan dengan Kaki
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com