Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Kematian La Gode, 9 Saksi Sudah Diperiksa

Kompas.com - 30/11/2017, 18:29 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Detasemen Polisi Militer XVI/1 Ternate secara intensif telah melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap kasus kematian La Gode di Lede, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, dengan memeriksa sejumlah pihak sebagai saksi baik dari pihak TNI, Polri maupun masyarakat sipil.

Dandenpom XVI/1 Ternate Letkol Cpm Ali Mustofa dalam keterangan persnya, menyatakan, bahwa perkembangan penyelidikan dan penyidikan sendiri sampai saat ini telah dilakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi sejak dibuatnya Laporan Polisi oleh Yanti, istri korban.

Sejauh ini, Denpom XVI/1 Ternate telah memeriksa 9 saksi, antara lain 3 prajurit TNI berinisial RB, DS dan JN, 1 orang anggota Polri inisial JA dan 5 warga sipil inisial JR, AH, LS, AS dan YT.

Pemeriksaan dilaksanakan di Markas Denpom XVI/1 Ternate katanya karena dinilai lebih netral, dari hasil pemeriksaan kesembilan saksi tersebut.

“Kami telah tindaklanjuti lagi dengan memanggil 7 saksi tambahan untuk diperiksa, surat pemanggilan sendiri telah dikonfirmasi oleh penerima namun hingga saat ini terkendala masalah transportasi dari Taliabu ke Ternate sehingga para saksi belum dapat memberikan keterangan,” kata Ali, Rabu (29/11/2017).

(Baca juga: Dituduh Curi Singkong Parut, La Gode Tewas di Markas Tentara...)

Letkol Cpm Ali Mustofa menambahkan, pihaknya saat ini tengah konsen pada penyelidikan, berdasarkan hasil pemeriksaan saat ini dari para saksi belum ada yang mengarah kepada dugaan keterlibatan oknum TNI.

“Penyelidikan masih berlanjut dan kita akan melaksanakan secara profesional tidak akan ada yang ditutup-tutupi, sejauh ini kendala yang dihadapi adalah sulitnya akses transportasi dari dan menuju Lede (lokasi kejadian) namun hal tersebut tidak mengurangi integritas kami untuk mengungkap permasalahan ini, perlu diketahui bahwa untuk pemeriksaan sendiri tidak hanya dilakukan oleh Denpom XVI/1 Ternate akan tetapi Tim Pemeriksa dari Pomdam XVI/Pattimura diturunkan dan berangkat ke Taliabu untuk langsung melakukan pemeriksaan di Lede,” tambah Ali.

(Baca juga: Danrem: TNI Tak Main-main dalam Kasus La Gode)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com