Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Gunung Kidul, Ratusan Warga Mengungsi, Satu Dinyatakan Hilang

Kompas.com - 28/11/2017, 19:39 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Hujan yang mengguyur Gunung Kidul membuat hampir seluruh kecamatan di daerah tersebut tergenang banjir dengan ketinggian air beragam. Akibatnya, ratusan warga harus mengungsi, sedangkan satu warga dinyatakan hilang. 

"Hampir seluruh kecamatan terdampak banjir, baik sedang maupun berat," ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunung Kidul Sutaryono kepada Kompas.com, Selasa (28/11/2017).

Akibatnya, ratusan jiwa mengungsi. Pengungsi terbanyak dari Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, yang mencapai 110 jiwa. Sementara Dusun Bojing, Desa Bejiharjo, hingga kini masih terisolasi.

"Untuk Dusun Bojing, kami belum bisa masuk. Satu-satunya akses jembatannya rusak diterjang banjir. Ada 400 jiwa yang mengungsi ke lokasi lebih tinggi," ucapnya.

(Baca juga: Hujan 14 Jam di Wonogiri, 40 Rumah Terendam Banjir, Jalan Terputus)

Selain itu, di Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Ngatimin, terdapat seorang warga yang dinyatakan hilang. Warga sekitar menduga, korban hanyut. "Seorang warga masih dilakukan pencarian, belum diketahui nasibnya," tuturnya.

Sutaryono mengatakan, untuk penanganan pihaknya mengerahkan seluruh TRC dan relawan. BPBD sudah menyiapkan dapur umum di kantornya. 

Kompas TV Banjir yang menggenangi ratusan rumah warga berangsur surut.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com