KILAS DAERAH

Gus Ipul Minta Nelayan Waspada Siklon Tropis Cempaka

Kompas.com - 28/11/2017, 14:12 WIB
Josephus Primus

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com  - Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) minta masyarakat, khususnya kelompok nelayan di pesisir Jawa Timur, meningkatkan kewaspadaan akan tumbuhnya siklon tropis Cempaka. Siklon ini terdeteksi mulai nampak di pesisir Pulau Jawa sejak Senin (27/11/2017) malam.

Informasi dari BMKG, dampak dari Siklon Tropis Cempaka adalah terjadinya hujan lebat disertai angin yang akan terjadi di hampir seluruh wilayah pesisir Jawa mulai Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.

"Akan terjadi pola perubahan cuaca. Masyarakat khususnya nelayan harus waspada, jangan dipaksa melaut jika cuaca buruk," kata Gus Ipul, Selasa (28/11/2017).

Angin kencang yang menyertai hujan dari Siklon Tropis Cempaka, bisa mencapai kecepatan 30 knot dan berpotensi terjadi di perairan utara Jawa Timur hingga ke Pulau Kangean. Selain itu, angin kencang ini juga hampir menyeluruh terjadi di beberapa wilayah Jawa hingga ke Selat Bali, Laut Sumbawa, serta kawasan lainnya.

Begitu juga potensi gelombang setinggi 2,5-6 meter terjadi di perairan selatan Jawa Timur l, Laut Jawa bagian timur, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudera Hindia barat, Bengkulu hingga selatan Jawa Tengah.

Diperkirakan Siklon Tropis Cempaka masih akan bertahan dalam dua hingga tiga hari ke depan. "Masyarakat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang pohon tumbang dan jalan licin," terang Gus Ipul.

Aktivitas penerbangan di beberapa bandara di Pulau Jawa  juga berpotensi terpengaruh akibat hujan dan angin kencang.

Dengan kondisi gelombang laut yang cukup tinggi, masyarakat dan kapal-kapal yang melintas dihimbau untuk tetap waspada dan siaga terutama nelayan tradisional yang beroperasi di perairan selatan Jawa. (KONTRIBUTOR SURABAYA/ACHMAD FAIZAL) 

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menjamin, daerahnya siap mengantisipasi dampak letusan Gunung Agung di Provinsi Bali. Kompas.com/Achmad Faizal Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menjamin, daerahnya siap mengantisipasi dampak letusan Gunung Agung di Provinsi Bali.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com