Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Gus Ipul: Jatim Siap Antisipasi Dampak Letusan Gunung Agung

Kompas.com - 28/11/2017, 14:04 WIB
Josephus Primus

Penulis

SIDOARJO, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menjamin, daerahnya siap mengantisipasi dampak letusan Gunung Agung di Provinsi Bali.

Seluruh bandara di Jatim kata Gus Ipul, juga telah disiapkan jika ada lonjakan penumpang akibat penutupan Bandara I Gusti Ngurah Rai.

"Bandara Banyuwangi itu sekarang sehari tiga kali penerbangan ke Jakarta, ini saya sudah koordinasi dengan Pak Bupati Banyuwangi (Abdullah Azwar Anas) sudah siap semua," kata Gus Ipul, ketika ditemui usai meninjau banjir di Porong Sidoarjo, Senin (27/11/2017) malam.

Menurut Gus Ipul, jika diperlukan, Bandara Banyuwangi juga siap untuk penambahan jumlah penerbangan. Begitu juga Bandara Abdulrachman Saleh, Malang serta Bandara Juanda di Sidoarjo.

 Bandara Blimbingsari Banyuwangi bakal makin sibuk dengan adanya 12 jadwal penerbangan setiap harinya. Menggeliatnya bisnis pariwisata di Banyuwangi mendorong berbagai maskapai penerbangan membuka direct flight Jakarta-Banyuwangi.FIRMAN ARIF/KOMPAS.com Bandara Blimbingsari Banyuwangi bakal makin sibuk dengan adanya 12 jadwal penerbangan setiap harinya. Menggeliatnya bisnis pariwisata di Banyuwangi mendorong berbagai maskapai penerbangan membuka direct flight Jakarta-Banyuwangi.

"Untuk bandara kami siap, bahkan pihak Angkasa Pura juga telah menyiapkan beberapa bus untuk membantu penumpang yang tidak bisa terbang bisa beralih ke jalur darat," kata Gus Ipul.

Selain antisipasi dampak abu letusan, pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur juga telah menyiapkan 800 ribu masker di daerah terdekat semisal di Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Lumajang, Situbondo hingga Pasuruan.

Suasana di Bandara Abdulrachman Saleh Malang saat diambil beberapa waktu lalu.KOMPAS.com/Andi Hartik Suasana di Bandara Abdulrachman Saleh Malang saat diambil beberapa waktu lalu.

Belajar dari pengalaman Gunung Kelud, Kediri, dampak letusan hingga mencapai Jawa Tengah dan Yogyakarta. Padahal jarak antara Kediri dan Yogyakarta mencapai 213 kilometer.

Sementara, jarak terdekat dari Gunung Agung adalah Banyuwangi, sekitar 200 kilometer. Sedangkan, dari Gunung Agung ke Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Jember, Probolinggo dan Pasuruan, jaraknya lebih dari 250 kilometer. "Semua daerah sudah siap dengan masker jika sewaktu-waktu debu Gunung Agung sampai ke Jawa Timur," ucap Gus Ipul. (KONTRIBUTOR JAWA TIMUR/ACHMAD FAIZAL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com