Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Erupsi Gunung Agung, Lion Air Batalkan Penerbangan Yogyakarta-Lombok

Kompas.com - 28/11/2017, 07:07 WIB
Fitri Rachmawati

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Erupsi Gunung Agung mengakibatkan maskapai penerbangan Lion Air kembali membatalkan penerbangannya dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta menuju Bandara Internasional Lombok, Senin (27/11/2017) sekitar pukul 19.29 WIB.

Sejumlah penumpang JT 0274 yang telah lama menunggu, termasuk yang sebelumnya dijadwal ulang, terpaksa meninggalkan bandara.

"Saya terpaksa lakukan refund tiket saya karena tidak yakin bisa terbang besok, apalagi letusan Gunung Agung masih belum reda," kata H Jaffan, penumpang Lion Air.

Dia memilih menggunakan kereta api menuju Surabaya, dan di sana nanti akan mencari jadwal penerbangan dari Bandara Juanda Surabaya menuju ke Bandara Internasional lombok.

"Saya terpaksa ini naik kereta dulu sampai Surabaya daripada tertahan di Yogya," ujar Jafran.

Sementara itu, penumpang lainnya memilih menjadwal ulang penerbangan hingga dua hari berikutnya.

"Ya, baiknya menunggu saja, entah ini karena gunung atau apa, saya memilih menunggu sampai ada bandara dibuka," ucap Yunisar, penumpang asal Lombok.

Baca juga: Erupsi Gunung Agung, Penerbangan Batam-Bali Ditunda

Hingga pukul 21.00 Wita, pihak Lion Air masih melayani penumpang yang menjadwal ulang penerbangannya dan mengembalikan tiket.

Untuk diketahui, pembatalan penerbangan dari Bandara Adisucipto menuju Bandara Lombok terjadi sejak minggu lalu, saat dampak erupsi Gunung Agung makin terasa.

Pihak otoritas Bandara Internasional Lombok sempat membuka penerbangan pada Senin pukul 06.00 Wita, tetapi bandara kembali ditutup pukul 19.50 WIB.

Kompas TV Gunung Agung di Karangasem, Bali, mencapai status tertinggi dalam status Gunung Api.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com