Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batal Terbang akibat Gunung Agung Erupsi, Bandara Husein "Refund" Tiket

Kompas.com - 27/11/2017, 17:02 WIB
Agie Permadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Bandara Husein Sastranegara mengembalikan uang (refund) tiket pesawat dan penjadwalan kembali penerbangan dari Bandung ke Bali.

Hal itu dilakukan menyusul pembatalan enam penerbangan Bandung-Bali akibat erupsi Gunung Agung yang membuat Bandara Ngurah Rai ditutup. Pembatan dilakukan empat maskapai yakni Garuda Indonesia, Lion Air, Citylink, dan Indonesia Air Asia.

"Kami sudah lakukan refund (pengembalian) . Pilihan yang diberikan kepada penumpang, apakah akan diadakan proses refund atau rescheduling," kata Eksekutif General Manager Bandara Husein Sastranegara Bandung Eko Prihadi, di Bandung, Senin (27/11/2017).

Namun untuk pengalihan penerbangan, ia belum bisa memastikan bisa dilakukan atau tidak. Sebab pihaknya belum mendapatkan konfirmasi dari masing-masing airlines, mengingat rotasi dari masing-masing bandara berbeda.

"Itu menjadi kesulitan di penerbangan pengganti. Jadi sekali lagi ini semua masih diserahkan ke penumpang. Ketika penumpang yang akan ke Denpasar dibatalkan apakah mereka akan ke Surabaya, itu diserahkan ke penumpang," tuturnya.

(Baca juga : Bandara Ngurah Rai Ditutup, Enam Penerbangan Bandung-Bali Dibatalkan)

Eko mengaku belum mengetahui sampai kapan penutupan Bandara Ngurah Rai. Pihaknya masih menunggu kepastian dari BMKG terkait letusan Gunung Agung.

Meski begitu, komunikasi dengan pihak terkait pun terus dilakukan baik dengan BMKG maupun Bandara Ngurah Rai.

"Kondisi ke Denpasar sendiri menunggu apakah Notem pengoperasian bandara di sana dicabut atau tidak, jadi kita masih nunggu apakah aktivitas Gunung Agung ini bisa reda atau tidak," jelasnya.

Pantauan di lokasi, sejumlah penumpang terlihat mengantre di Bandara Husein Sastranegara untuk mengambil refund dan penjadwalan ulang penerbangan. Antrean tersebut terlihat mengular hingga ke luar ruangan.

(Baca juga : BNPB: Pengungsi Sementara Erupsi Gunung Agung Lebih dari 40.000 Orang )

Terminal keberangkatan internasional Bandara Ngurah Rai, Tuban, Bali, Minggu (26/11/2017). Sebanyak 28 jadwal penerbangan internasional dari dan menuju Bali dibatalkan karena dampak letusan Gunung Agung yang terjadi sejak Sabtu (25/11/2017). 
ANTARA FOTO/WIRA SURYANTALA Terminal keberangkatan internasional Bandara Ngurah Rai, Tuban, Bali, Minggu (26/11/2017). Sebanyak 28 jadwal penerbangan internasional dari dan menuju Bali dibatalkan karena dampak letusan Gunung Agung yang terjadi sejak Sabtu (25/11/2017).
Sementara itu, petugas setempat terlihat sibuk menginput dan melakukan administrasi pengembalian uang tiket pesawat yang dibatalkan. Salah satu penumpang, Ayurikey (25) mengaku tengah melakukan penjadwalan ulang penerbangannya dari Bandung ke Bali.

"Soalnya kalo refund takut gak nyampe uangnya, jadi reschedule saja," jelas Ayu yang ditemui dalam antrean.

Rencananya, Ayu akan menjadwalkan kembali penerbangannya besok. Namun ia tidak yakin penerbangan dapat dilakukan besok. Sebab ia mendapat informasi, Bandara Ngurah Rai belum dipastikan beroperasi Selasa (28/11/2017).

"Rencana reschedule ke besok, tapi katanya bandara di sana gak buka besok, paling nunggu Lion Air-nya saja," ungkanya seraya menambahkan jika hari ini Ayu berencana terbang ke Bali dengan menggunakan pesawat Lion Air dengan jadwal penerbangan pukul 12.00 WIB.

"Harapannya sih, besok jam 10 pagi bisa terbang ke Bali," tuturnya.

Sementara itu, Bengawan Halim (65), memutuskan untuk mengambil kembali uang tiketnya. Sebab ia harus tiba di Bali dalam waktu cepat. Karenanya ia akan membeli tiket dengan tujuan penerbangan yang berbeda.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com