Diarak Naik Jip, Cak Imin Diangkat Jadi Warga Kehormatan Arema...

Kompas.com - 26/11/2017, 23:16 WIB

 

MALANG, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar diangkat menjadi warga kehormatan Arema Malang (Arema), Minggu (26/11/2017).

Sebelumnya, Cak Imin, sapaan Muhaimin, tiba di Bandara Abdurrahman Saleh, Malang, setelah terbang dari Jakarta pukul 08.00 WIB. Ratusan Aremania mengenakan kaus berwarna biru khas fans klub sepak bola Arema telah menunggu di luar bandara untuk konvoi dan mengantarkan Muhaimin ke lokasi acara di daerah Ki Ageng Gribik.

Muhaimin yang sempat mengendarai mobil pribadi akhirnya di tengah jalan memutuskan untuk turun dan naik ke sebuah jip tanpa atap. Layaknya seorang Aremania fanatik, Muhaimin mengenakan kaus bercorak merah putih biru yang di bagian tengahnya bertuliskan "Arema".

Cukup sering Muhaimin melambaikan tangan saat warga yang dilewati memanggil namanya. Di atas mobil, Muhaimin didampingi Ketua DPRD Jawa Timur Cak Halim Iskandar, dan budayawan dan musisi asal Malang, Anto Baret.

Sesampainya di lokasi, Muhaimin langsung disambut sorakan serta tepuk tangan dari Aremania yang hadir. Nyanyian dukungan Arema yang biasanya dinyanyikan di stadion dengan keras terdengar saat itu.

Dari atas panggung, mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini juga menyapa warga yang berharap bisa menyalaminya.

Meski terlihat tak fasih dengan lirik lagunya, Muhaimin tetap begitu semangat mengikuti dentuman musik sambil mengepalkan tangannya ke atas.

"Arema.... Salam satu jiwa," Cak Imin menerikkan salam yang menjadi ciri khas Arema.

Tokoh yang didaulat menjadi Panglima Santri Nusantara ini mengaku bangga atas penghargaan yang diberikan oleh warga Kota Malang.  

Ketua DPP PKB  Muhaimin Iskandar diangkat menjadi warga kehormatan Arema Malang, di Malang, Minggu (26/11/2017).
David Oliver Purba Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar diangkat menjadi warga kehormatan Arema Malang, di Malang, Minggu (26/11/2017).

Di mata Muhaimin, Aremania lebih dari sebuah kelompok yang mencintai sebuah klub sepak bola. Semangat persahabatan menjadikan Aremania seperti keluarga dan tetap utuh sampai saat ini.

"Yang paling penting dari Arema adalah semangat dan persahabatan. Semangat merebut kemenangan, tetapi damai dalam persahabatan. Salam satu jiwa adalah semangat itu," ujar Muhaimin.

Secara terpisah, menurut Wali Kota Malang M Anton, Muhaimin diangkat sebagai warga kehormatan Arema karena merupakan representasi pemimpin yang cocok dengan generasi milenilal. Ia memiliki inovasi serta ide-ide segar untuk membangun sebuah negara.

"Kami melihat betapa pentingya sosok milenial menurut masyarakat kita bahwa Cak Imin layak untuk memimpin bangsa ini. Jadi, dengan bangganya Arema menerimanya sebagai warga kehormatan, (sebagai) bapaknya bumi Arema," ujar Anton.

Anton mengatakan, pelopor Gerakan Nusantara Mengaji itu memiliki potensi besar untuk diusung pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

"Mudah-mudahan ini semuanya bentuk kesolidan untuk mendukung Cak Imin ke depan, dan ini menjadi motivasi bagi masyarakat Malang dalam mendukung Cak Imin menjadi Wapres 2019," ujar Anton. (Kontributor Kompas.com/David Oliver Purba)


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com