Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demokrat Sebut Emil Dardak Bukan Kader PDI Perjuangan

Kompas.com - 26/11/2017, 16:51 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Timur telah merekomendasikan Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak untuk mendampingi Khofifah Indar Parawansa dalam Pilkada Jawa Timur. Demokrat menegaskan tidak ada istilah pencaplokan kader partai lain.

Sebelumnya, para petinggi PDI Perjuangan ramai-ramai menyayangkan sikap Emil Dardak yang memilih maju dalam Pilkada Jawa Timur dari partai lain. Padahal PDI Perjuangan sudah resmi mengeluarkan rekomendasi kepada pasangan Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas atau Gus Ipul-Anas.

Sekretraris DPD Partai Demokrat Jawa Timur Renville Antonio mengatakan, suami dari artis Arumi Bachsin itu bukan kader salah satu partai. Sehingga, setiap partai berhak memberikan rekomendasi kepadanya.

Baca juga : Emil Dardak Hormati Keputusan PDI-P yang Memecatnya

"Emil itu bukan kader siapa-siapa setahu saya. Demokrat pun bukan," katanya saat menghadiri pelantikan DPC Demokrat Kota Malang, Minggu (26/11/2017).

Jika Emil memang merupakan kader PDI-P, Renville ingin melihat kartu keanggotaannya di PDI-P. Selain itu, kata dia, Emil menyatakan bukan anggota PDI-P.

"Beliau merasa tidak (sebagai kader PDI Perjuangan). Beliau ini menghormati tujuh parpol pengusungnya. Jadi Demokrat, PDI-P, Golkar, pokoknya ada tujuh parpol yang mengusung kemarin di Trenggalek dan ini bersama-sama," ujarnya.

Baca juga : Mendagri Minta Emil Dardak Mundur dari Jabatan Bupati Trenggalek

Sebelumnya, PDI Perjuangan mengeluarkan pernyataan bahwa telah memecat Emil sebagai kader. Pemecatan itu dilakukan setelah Emil mendapat rekomendasi dari Partai Demokrat dan Partai Golkar untuk mendampingi Khofifah Indar Parawansa di Pilkada Jawa Timur.

Atas pemecatan itu, Emil sudah mengeluarkan pernyataan bahwa dirinya menghormati sikap PDI Perjaungan yang telah memecatnya. Namun, Emil tidak menjawab secara gamblang terkait Kartu Tanda Anggota (KTA) sebabagai kader PDI Perjuagan yang dimilikinya.

Baca juga : Meski Khofifah Gaet Emil Dardak, PKB Optimistis Gus Ipul-Anas Menang

Kompas TV Simak pernyataan Emil Dardak berikut ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com