Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangkap Ratusan Kepiting Bertelur untuk Dijual ke Luar Negeri, 3 Orang Jadi Tersangka

Kompas.com - 25/11/2017, 15:57 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Kapal Patroli Mabes Polri KP Baladewa menangkap tiga mobil bak terbuka yang mengangkut kepiting bertelur di perairan Kutai Kartanegara, Sabtu (25/11/2017).

Wakil Komandan Kapal Baladewa Rangga mengatakan, penangkapan tersebut bermula dari laporan masyarakat Kutai Kartanegara. Warga tersebut melaporkan adanya penangkapan kepiting yang tidak sesuai aturan di kawasan Handil dan Samboja.

"Berdasarkan laporan masyarakat, kita selidiki dan ternyata benar. Ratusan kepiting telur ini ditangkap dan siap diperjualbelikan," ujar Rangga.

Tidak hanya kepiting yang sedang bertelur, kepiting-kepiting muda juga ikut disita. Rangga menjelaskan untuk menangkap atau memperjualbelikan kepiting harus menaati standar aturan yang berlaku, yaitu berat kepiting harus diatas 200 gram dan tidak menangkap kepiting yang sedang bertelur.

"Kita sudah amankan tiga orang yang merupakan sopir mobil pengangkut kepiting. Kita akan dalami lagi, sampai pada siapa sebenarnya yang memiliki bisnis ini," sebutnya.

Baca juga : Lagi, Aparat Gagalkan Penyelundupan 1.200 Kepiting ke Tawau

Dari keterangan tiga tersangka, lanjut dia, kepiting-kepiting itu rencananya akan diselundupkan ke luar negeri.

"Kami tangkap di Kutai Kartanegara, rencananya mau dibawa ke Balikpapan dan selanjutnya dikirim ke luar negeri. Sementara ini tiga tersangka akan dibina," ujarnya.

Rencananya, kepiting-kepiting tersebut akan langsung dilepaskan kembali.

"Kita akan langsung lepaskan ke daerah muara yang berair payau. Kalau di air sungai dia akan mati, jadi tidak mungkin dilepas di Samarinda," pungkasnya.

Baca juga : Petugas BKIPM Gagalkan Pengiriman 300 Kepiting Bertelur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com