Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpan-RB: Pejabat Tidak Boleh "Backing" Peserta Seleksi CPNS

Kompas.com - 25/11/2017, 15:12 WIB
Hadi Maulana

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Kabar baik untuk warga Indonesia yang ingin mendaftar menjadi Pegawai Negiri Sipil (PNS). Sebab di 2018 mendatang, pemerintah akan membuka formasi  Aparatur Sipil Negara (ASN) besar-besaran.

"Untuk formasi masih dalam hitungan, yang jelas akan dibuka secara besar-besaran se Indonesia," kata Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur, Kamis (24/11/2017), di Batam.

Dalam rekrutmen kali ini, Asman menegaskan akan dilakukan secara profesional, sebab rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilakukan dengan sistem tes terbuka. Ini dilakukan guna perbaikan kualitas dan mutu ASN itu sendiri.

Baca juga : 17.521 Orang Lulus Seleksi CPNS Kemenkumham

"Pejabat juga tidak boleh membackingi atau menitip CPNS yang akan direkrut 2018 mendatang. Kalau kedapatan akan diberikan sanksi kepada pejabatnya dan CPNS nya diangap gugur," tegas Asman Abnur.

Asman mengimbau agar calon peserta CPNS se-Indonesia mulai mempersiapkan diri dari sekarang.

"Jangan berharap bahwa ada yang bisa membantu lolos, yang bisa membantu Anda adalah kemampuan Anda sendiri. Sekarang tesnya terbuka, begitu tes hasilnya (nilai tes, red) langsung kelihatan," katanya menjelaskan.

(Baca juga : Penerimaan CPNS Kemenkumham Papua Diwarnai Dugaan Pungli)

Asman menambahkan, dalam rekrutmen nantinya, pihaknya akan menyeleksi betul pendidikan para CPNS yang lolos sehingga hasil yang didapat betul-betul profesional.

"Para CPNS itu nantinya ditempatkan sesuai dengan latar belakang pendidikan. Dengan begitu pelayanan publik semakin baik dan ini menjadi ciri khas CPNS yang nantinyan menjadi ASN kita," imgkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com