Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenderal Gatot: Pergantian Panglima TNI Urusan Presiden

Kompas.com - 24/11/2017, 19:25 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tidak banyak berkomentar soal dorongan sejumlah pihak supaya Presiden Joko Widodo segera melakukan pergantian terhadap dirinya sebagai panglima.

Menurut Gatot, pergantian panglima TNI adalah kewenangan Presiden.

"Pergantian panglima urusan Presiden," kata Gatot setelah menjadi pembicara dalam Dialog Proxy War Ketahanan Informasi Nasional di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Kota Malang, Jumat (24/11/2017).

Dia pun meminta supaya semua pihak mendengarkan Presiden terkait proses pergantian panglima TNI dan tidak mendengarkan pihak-pihak yang mendorongnya untuk segera diganti.

"Enggak usah didengerin. Dengerin Presiden saja," kata dia.

Baca juga: Rotasi Jabatan Panglima TNI Diperlukan Untuk Wujudkan Poros Maritim Dunia

Sebelumnya, sejumlah pihak termasuk anggota DPR RI yang duduk di Komisi I meminta supaya Presiden Joko Widodo segera melakukan pergantian panglima TNI. Presiden diminta supaya segera memasukkan nama calon panglima TNI yang akan menggantikan Gatot ke DPR.

Untuk diketahui, Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018. Sementara itu, calon panglima TNI harus berpangkat bintang empat dan pernah menjabat sebagai kepala staf angkatan.

Sementara ini, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) diisi oleh Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono; dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi.

Kompas TV Presiden meminta agar DPR menunggu nama pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan pensiun bulan Maret tahun 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com