Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Pria Bernama Jokowi Akhirnya Dioperasi Setelah 3 Tahun Derita Katarak

Kompas.com - 24/11/2017, 18:29 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Seorang pria bernama Joko Widodo (53) sudah tiga tahun ini menderita katarak yang mengganggu penglihatannya.

Pria asal Palembang ini mengaku, selama tiga tahun menderita katarak, dia hanya bertahan sendiri dan belum pernah berobat ke dokter.

“Pertama kali kena katarak, mata pedih, melihat jauh tidak bisa, ya ditahan saja,” tuturnya sesaat sebelum mengikuti operasi katarak, Kamis (23/11/2017).

Buruh bangunan yang sehari-hari juga disapa sebagai Jokowi ini mengatakan, pendapatannya sehari-hari terbatas sehingga sulit untuk berobat. Dengan menderita katarak, dia mengaku makin kesulitan menafkahi istri dan kedua anaknya.

“Saya kerja kuli bangunan. Kalau misalnya mau pukul paku, saya serahkan ke teman yang matanya normal. Dulu sebelum katarak, saya kerjanya pasang batu, pasang kusen, sekarang terpaksa cuma bantu teman yang kerja. Saya jadi turun pangkat gara-gara katarak ini,” tuturnya.

(Baca juga: Arti Bahasa Batak yang Diucapkan Jokowi Saat Resmikan Bandara Silangit)

Meskipun  masih bisa melakukan aktivitas secara mandiri, namun Jokowi mengaku dia seperti hanya melihat asap dan tidak dapat melihat objek apa pun.

“Kalau jalan, berpapasan sama orang, tidak tahu siapa orang itu. Mata juga kadang agak pedih. Selama 3 tahun, walaupun begini (katarak), tahan saja sambil terus kerja. Mudahmudahan setelah operasi ini sembuh total biar bisa kerja lagi,” ungkapnya. 

Jokowi sangat senang karena sebentar lagi matanya akan dioperasi sehingga dapat melihat dengan normal. Dia mengaku mendapatkan informasi operasi katarak gratis dari adik iparnya, Jamila, yang juga Ketua RT 29, Kelurahan Srimulya di tempat mereka tinggal.

“Senang karena kami tidak mampu, supaya bisa kerja lagi,” tuturnya.

“Dapat informasi dari Koramil bahwa ada operasi katarak gartis di RS A.K. Gani,” tambah adik ipar Jokowi, Jamila.

(Baca juga: Lucunya Ekspresi Gibran Saat "Manortor" di Pesta Adat Kahiyang-Bobby)

Jokowi diantar saudara perempuannya, Sri Sulastri, dan adik iparnya, Jamila, datang ke Rumah Sakit (RS) dr. A.K. Gani untuk mengikuti operasi katarak gratis yang digelar Kementerian Kesehatan, Pusat Kesehatan TNI dan Persatuan Dokter Mata Indonesia, 23 hingga 26 November 2017.


Berita ini telah tayang di Tribun Sumsel, Jumat (24/11/2017), dengan judul: 3 Tahun Jokowi Ternyata Mengidap Katarak, Ini yang Dilakukannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com